Jangan Berlebih, Ini Deretan Makanan Asin yang Punya Kadar Gula Tinggi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selama ini banyak orang mengira kadar gula tinggi cuma ditemukan pada makanan-makanan manis seperti permen, cokelat, kue, roti hingga buah. Ternyata itu anggapan yang keliru. Buktinya ada sejumlah makanan asin atau gurih punya kadar gula cukup tinggi. Seperti diketahui, makanan berkadar gula tinggi bisa memicu diabetes, sakit jantung, gangguan paru-paru hingga stroke.

Menurut pendiri Centre for the Study of the Senses dari University of London Barry Smith, makanan-makanan asin bila dikonsumsi secara berlebihan memiliki tingkat bahaya yang sama dengan makanan manis.

Gula yang ditambahkan pada masakan umumnya berfungsi untuk menyeimbangkan rasa pahit atau asam dari bumbu-bumbu lainnya. Misalnya garam atau rempah seperti kunyit, lengkuas, ketumbar dan cengkeh.

Barry pun mengatakan bahwa makanan-makanan asin tersebut berpotensi memberi efek ‘sugar rush’ atau menaikkan kadar gula darah. Maka, jangan heran kalau beberapa makanan asin bisa punya efek pemicu untuk memakannya berulang kali.

“Otak akan berkata ‘Beri aku lagi rasa yang seperti itu’. Akibatnya kamu mengonsumsi banyak gula tanpa benar-benar menyadarinya,” ujarnya, melansir BBC.

Ia lalu menghimbau agar setiap orang perlu menjaga porsi makan, baik itu saat menyantapan makanan manis maupun asin. Saat memasak juga sebaiknya selalu perhatikan informasi nutrisi pada label kemasan saus atau bumbu.

Konsumsi gula yang disarankan per harinya maksimal hanya 90 gram. Itu sudah termasuk tambahan bumbu dalam masakan, karbohidrat seperti nasi dan tepung, susu, minuman manis dan sajian pencuci mulut.

Berikut daftar makanan asin yang ternyata memiliki kadar gula yang tinggi :

1. Keripik Kentang
Keripik kentang bisa memiliki rasa yang sangat gurih karena diberi tambahan MSG. Selain itu, di dalamnya turut dibumbui gula agar rasanya makin gurih.

Jangan Berlebih, Ini Deretan Makanan Asin yang Punya Kadar Gula Tinggi

Selain itu kentangnya sendiri sudah tinggi akan gula, karena masuk dalam kategori karbohidrat sederhana. Makan keripik kentang secara berlebihan bisa menimbulkan lonjakan gula darah yang apabila berlangsung setiap hari bisa meningkatkan risiko diabetes.

4. Saus Tomat

Seperti dikutip dari Health Line, saus tomat juga mengandung banyak gula. Dalam 1 sendok makan saus tomat bisa terdapat hampir 1 sendok teh gula.

Jangan Berlebih, Ini Deretan Makanan Asin yang Punya Kadar Gula Tinggi

Jadi pikir-pikir lagi ya jika ingin makan kentang goreng pakai saus tomat, sudah berapa gram kira-kira gula yang kamu konsumsi?

3. Saus Barbeque (BBQ) Botolan

Saus BBQ banyak digunakan sebagai perasa tambahan pada steak atau bahan masakan lainnya. Rasanya gurih asin dengan sedikit rasa manis. Meskipun dominan rasa asin, saus BBQ tinggi akan gula.

Jangan Berlebih, Ini Deretan Makanan Asin yang Punya Kadar Gula Tinggi

Dalam 2 sendok makan atau sekitar 28 gram saus BBQ mengandung hingga 9 gram gula. Jadi jika kamu ingin mengurangi asupan gula sebaiknya batasi konsumsi makanan lainnya.

4. Makanan Kaleng

Makanan siap saji yang dikemas dalam kaleng umumnya tinggi kandungan sodium atau garam. Tapi yang tidak banyak orang tahu, makanan kaleng juga memilki kandungan gula tinggi.

Jangan Berlebih, Ini Deretan Makanan Asin yang Punya Kadar Gula Tinggi

Gula biasanya ditambahkan sebagai pengawet alami dalam makanan kaleng. Konsumsi 1,5 mangkok sup kalengan bisa membuatmu mengasup hingga 15 gram gula ke dalam tubuh.

5. Salad Dressing

Beberapa jenis salad dressing mengandung banyak gula, misalnya Thousand Islands, Honey Mustard atau Caesar. Beberapa jenis dressing bisa ‘mengantongi’ gula hingga 4 gram dalam 1 sendok makan. Maka dari itu sangat penting memerhatikan informasi gizi pada label kemasan dan batasi konsumsinya.

Jangan Berlebih, Ini Deretan Makanan Asin yang Punya Kadar Gula Tinggi (2)

Sebagai alternatif salad dressing yang lebih sehat, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Campurkan minyak zaitun, perasan lemon dan tambahkan garam serta merica sebagai tambahan rasa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini