Jangan Asal Makan! Ini Asupan yang Harus Dihindari Usai Olahraga

Baca Juga

MATA INDOENSIA, JAKARTA – Usai berolahraga, tentu kamu akan merasa lelah akibat tenaga yang terkuras. Bahkan, gak jarang setelah olahraga kamu jadi haus dan lapar.

Apalagi usai melakukan olahraga yang cukup menguras tenaga. Energi di tubuhmu tentu akan habis dan otot mengalami tekanan. Untuk itu, mengisi kembali nutrisi sangat diperlukan untuk tubuh.

Salah satu caranya ialah mengonsumsi makanan. Namun, kamu harus tahu kalau tak semua jenis makanan bisa kamu konsumsi usai berolahraga loh!

Sebab, jika kamu mengonsumsi makanan yang sembarangan, bisa memengaruhi hasil dari olahragamu. Bisa-bisa manfaat yang kamu inginkan gagal kamu dapatkan hanya karena salah makan.

Untuk itu, kamu wajib tahu nih jenis makanan apa saja yang perlu dihindari usai melakukan olahraga. Yuk simak!

  1. Makanan Cepat Saji

Sudah bukan rahasia kalau makanan cepat saji minim nutrisi dan hanya memberikan kenikmatan sesaat. Apalagi jika kamu konsumsi usai berolahraga. Bukanlah pilihan yang tepat.

Junk food atau makanan cepat saji seperti pizza, burger, spageti dan semacamnya memang bisa mengganti kalori pada tubuhmu yang terkuras pasca-olahraga.

Tapi, perlu dicatat, bahwa makanan tersebut dapat menghapus dari manfaat olahraga yang kamu lakukan. Apalagi jika kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Bisa-bisa kalori yang kamu keluarga saat olahraga tak sebanding dengan yang kamu konsumsi.

2. Minuman Manis

Nikmat rasanya mengonsumsi minuman yang segar dan manis setelah kamu berolahraga. Apalagi jika minuman tersebut dinikmati dalam kondisi dingin.

Memang enak, tapi hal tersebut perlu kamu hindari terlebih pasca-berolahraga. Meminum minuman manis setelah olahraga akan kontraproduktif bagi siapa pun yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, minuman manis dapat memperlambat metabolisme tubuh.

Jadi, sebisa mungkin hindari minuman manis seperti soda, teh dalam kemasan, dan semacamnya. Selain itu, minuman manis hanya memberikan gula tanpa nutrisi dan manfaat lain di dalamnya.

3. Kafein

Masih dari minuman, satu lagi yang harus dihindari setelah olahraga ialah minuman berkafein. Itu karena minuman kafein dapat membuat tubuh dehidrasi. Padahal usai olahraga tubuh membutuhkan hidrasi yang cukup.

Selain itu, kafein juga meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh. Terlalu banyak kortisol dapat mengakibatkan peradangan, masalah kardiovaskular, dan ketidakseimbangan hormon.

4. Sayuran Mentah

Sayuran memang baik untuk tubuh dan kaya manfaat. Tapi, tahukah kamu kalau mengonsumsi sayuran mentah gak baik apalagi usai berolahraga.

Ini disebabkan sayuran mentah merupakan makanan yang rendah kalori. Padahal, pasca-berolahraga kita membutuhkan makanan yang mengandung kalori untuk mengembalikan energi pada tubuh. Meski begitu, tidak disarankan kalau kamu mengonsumsi makanan berkalori terlalu banyak ya.

5. Cemilan Asin

Satu lagi makanan yang perlu dihindari usai olahraga adalah cemilan asin. Biasanya, untuk bersantai pasca-olahraga, mengonsumsi makanan ringan sambil bersantai sangat mengasyikkan.

Sayangnya, kenikmatan tersebut perlu kamu hindari karena cemilan asin seperti keripik kentang bisa menurunkan kadar kalium dalam tubuh. Kalium merupakan elektrolit yang penting bagi tubuh.

Nah, saat berolahraga, kamu akan kehilangan kadar elektrolit dalam tubumu. Parahnya lagi, jika kamu langsung mengonsumsi cemilan asin, maka kalium dalam tubuhmu akan semakin berkurang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini