Jangan Asal Berteduh, Ini 5 Tempat yang Harus Kamu Hindari saat Hujan

Baca Juga
MATA INDONESIA, JAKARTA – Beberapa waktu lalu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah memperingati Jakarta akan dilanja hujan lebat dan angin kencang dari tanggal 11 Agustus hingga 13 Agustus 2020.
Dua hal tersebut tentu dapat menganggu aktivitas warga ibu kota. Terlebih lagi mereka yang terjebak dalam perjalanan.
Meski demikian, usahakan jangan panik ya. Jika kamu terjebak hujan lebat dan angin kencang saat berkendara, yuk simak tips amannya.
1. Hindari Pohon Besar
Pohon Besar
Sangat disarankan saat hujan dan angin kencang, kamu menghindari pohon-pohon yang tinggi dan besar. Hal tersebut berpotensi merobohkan pohon tersebut jika angin kencang dating saat hujan lebat.
Maka dari itu, jika dirasa kamu perlu tempat bertedu, hidarilah pohon-pohon rindang agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.
2. Hindari Jendela
Jendela (pixabay)
Ada baiknya saat huja deras, angin kencang serta adanya kilat, kamu menghindari jendela-jendela di tempat berteduh ya. Sebab, berada di dekat jendela bisa memicu tersambar oleh petir. Walaupun hal itu jarang terjadi, lebih baik kamu hindari. Berdiri di dekat jendela juga berpotensi melukaimu jika ada objek yang terlempar dan menghantam kaca jendela.
3. Jangan Berlindung di Bawah Jalan Layang
Flyover (pixabay)
Selain bikin macet, berteduh di bawah jalan layang juga berbahaya gaes. Kita tak pernah tahu karena bisa saja akan ada mobil atau kendaraan lain yang lewat dengan kecepatan tinggi. Tentu hal tersebut bisa membahayakanmu dan pengendara lain kan. Jadi, coba untuk hindari bawah jalan layang saat hujan ya gaes.
4. Hindari Tiang Listrik
Tiang Listrik (pixabay)
Selain pohon, jendela, dan bawah jalan layang, tiang listrik juga perlu kamu hindari saat hujan dan angin kencang. Sebab, benda-benda yang menjulang tinggi seperti tiang listrik sangat mudah tersambar petir.
5. Jangan Panik
Don’t panic (pixabay)
Hal terakhir yang perlu kamu lakukan ialah jangan panik. Meski kamu terjebak dalam hujan lebat dan angin kencang, jangan paksakan dirimu untuk berkendara. Tetap tenang, dan carilah tempat yang pas untuk berteduh dan yang tidak membahayakan dirimu serta orang lain.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini