Jangan Anggap Remeh Cegukan Ya Gaes!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Anda pasti pernah mengalami cegukan kan? Cegukan merupakan kondisi yang normal dan kerap dialami oleh semua orang, terlebih apabila makan secara berlebihan.

Akan tetapi cegukan juga wajib diwaspadai apabila terjadi secara berkepanjangan atau berlangsung secara lama. Melansir Halodoc, Rabu , 14 Oktober 2020, apabila cegukan tidak terkendali, maka akan menyebabkan berbagai masalah serius, seperti penurunan berat badan, depsresi, masalah dengan ritme jantung, bahkan yang mengerikan adalah kematian.

Ada beberapa penyebab cegukan berhasil diidentifikasi, meski demikian tak jarang cegukan datang dan pergi dengan alasan yang tak pasti. Kemungkinan besar terjadinya cegukan jangka pendek di antaranya: makan berlebihan, makan makanan pedas, konsumsi alkohol, minum minuman bersoda, mengkonsumsi makanan panas, kegembiraan atau stress emosional, serta aerophagia atau menelan terlalu banyak udara.

Penyebab lain cegukan kemungkinan melibatkan sistem saraf pusat (SSP). Sebagai cacatan, SSP terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang. Apabila SSP rusak, maka bukan tak mungkin tubuh akan kehilangan kemampuan untuk mengendalikan cegukan.

Sebagai catatan, kerusakan SSP yang dapat menyebabkan cegukan secara terus menerus meliputi: stroke, penyakit saraf degeneratif kronis, tumor, meningitis ensefalitis (infeksi yang dapat menyebabkan pembengkakan di otak), trauma kepala, hidrosefalus, hingga neurosifilis dan infeksi otak lainnya.

Lantas apakah bisa cegukan dicegah? Hingga sejauh ini belum ada penelitan yang dapat mencegah cegukan. Akan tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi kerentanan terhadap cegukan, di antaranya: jangan makan berlebihan, hindari minuman bersoda, lindungi diri dari perubahan suhu yang tiba-tiba, jangan minum minuman beralkohol, dan tetap tenang, ya cobalah untuk menghindari reaksi emosional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini