duduk bersila
duduk bersila

MATA INDONESIA, JAKARTA-Posisi duduk bersila memang biasa dilakukan banyak orang, khususnya saat berada suatu kegiatan keagamaan bahkan merupakan satu gerakan yoga. Namun, apakah kegiatan tersebut aman dilakukan setiap saat?

Ahli terapi fisik dan pendiri Core Exercise Solutions, Sarah Duvall, DPT mengatakan jika tidak mengalami sakit lutut dalam posisi bersila, Anda tidak perlu khawatir.

Bahkan, posisi duduk ini mungkin memiliki manfaat besar untuk mobilitas dan bahkan dapat membuat sendi lebih lentur selama tidak terlalu lama di posisi ini sepanjang hari.

“Semakin banyak bergerak setiap hari, tubuh akan lebih sehat. Tetapi jika mengulangi gerakan yang sama atau tetap pada posisi yang sama, Anda membebani sendi, otot, dan ligamen tertentu,” katanya.

Duduk di posisi bersila sebenarnya bisa menambah variasi pada pola gerakan harian dan sebagai hasilnya membantu meningkatkan rentang gerakan di lutut dan sendi pinggul.

Namun, tubuh setiap orang berbeda. Jika merasakan ketidaknyamanan lutut dalam pose bersila, berhentilah duduk dengan cara itu karena dapat memperburuk masalah lutut yang sudah ada sebelumnya.

“Mempertahankan sendi dalam posisi bengkok untuk waktu yang lama dapat membuat cairan menumpuk, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit,” kata Duvall.

Tapi, itu tergantung pada apa yang salah pada lutut, tekukan dan puntiran akibat posisi ini juga dapat memperburuk robekan meniscus.

Mayo Clinic mencatat meniskus adalah sepotong tulang rawan karet berbentuk C yang melindungi ruang antara tulang kering dan tulang paha. Ketika meniskus robek, posisi bersila, yang memaksa lutut berputar, tak akan bisa bersahabat dengan Anda.

Tetapi, jika memiliki lutut yang sehat, Anda mungkin merasakan sedikit kekakuan sementara di kaki setelah duduk bersila untuk sementara waktu. Ketika itu terjadi, Duvall menyarankan melakukan urutan gerakan berikut sebelum berdiri untuk membantu menenangkan kekakuan lutut dan melemaskan anggota tubuh.

Caranya:
1. Perlahan tekuk dan luruskan lutut untuk membantu persendian bergerak.

  1. Gerakkan pergelangan kaki, untuk membantu membuat darah mengalir serta kaki dan lutut bagian bawah menjadi hangat.
  2. Setelah itu, putar seluruh kaki untuk mendapatkan gerakan dan rotasi di atas dan di bawah lutut.
  3. Terakhir, luruskan sepenuhnya kaki dan tekan paha dengan lembut sambil mengangkat tempurung lutut. Pegang paha selama 5 detik lalu lepaskan dan ulangi sebanyak tiga kali. Demikian seperti dilansir Livestrong.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here