banjir di danau sentarum
banjir di danau sentarum (foto istimewa)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memasuki bulan Oktober, DKI Jakarta dan sekitarnya mulai sering diguyur hujan dengan frekuensi yang cukup deras. Hal ini mengakibatkan beberapa wilayah tergenang banjir.

Bukan rahasia lagi banjir bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit. Sebab, kondisi udara yang lembab dan genangan air kotor bisa mengundang penyakit seperti, diare, tetanus, hingga demam berdarah.

Meski begitu, kamu bisa menghindari penyakit-penyakit berikut walau banjir tengah melanda. Apa saja cara pencegahannya? Yuk simak!

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan Rumah

Saat air bah masuk ke wilayah pemukimanmu, lingkungan menjadi sangat kotor dan lembab. Berbagai sampah dan kotoran mungkin saja terbawa oleh arus banjir yang deras.

Maka, kamu perlu menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya. Dengan cara membersihkan sebisa mungkin sampah-sampah yang masuk ke wilayah kamu. Jika air mulai surut, pastikan segera dibersihkan agar tak menimbulkan genangan yang jadi tempat berkembang biaknya nyamuk.

2. Menjaga Kebersihan Diri

Gak cuma kebersihan lingkungan, kondisi diri sendiri juga perlu diperhatikan. Kebersihan diri sangat penting di musim hujan dan ketika banjir melanda. Sejumlah penyakit muncul karena badan yang tidak bersih sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit

Tetap mandi dengan sabun antiseptik meski saat banjir ya. Jangan lupa selalu bersihkan anggota tubuh terutama bagian kaki yang sering tergenang air banjir. Pastikan kakimu selalu dibersihkan agar tak jadi sarang kuman dan penyakit.

3. Makan Asupan yang Sehat

Saat banjir melanda, kondisi udara biasanya jadi dingin. Nah, kalau sudah begini banyak masyarakat yang justru beralih ke mie instan. Padahal, lebih baik mengonsumsi makanan yang lebih sehat saat banjir loh!

Makanan yang sehat dan bernutrisi seimbang dapat memperkuat kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah sejumlah penyakit. Jangan lupa untuk memperhatikan kebersihan makanan saat kondisi banjir.

Sebab, makanan yang terkontaminasi dengan bakteri dan kuman justru mengakibatkan diare pada tubuhmu.

4. Persiapkan Obat-obatan

Hal terakhir dan juga terpenting yang harus kamu lakukan saat banjir ialah menyiapkan obat-obatan. Persiapkanlah P3K atau pertolongan pertama pada kecelakaan serta obat-obatan di rumah. Obat-obatan penting sebagai pertolongan pertama ketika muncul gejala penyakit akibat genangan banjir.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here