Jadi Tanaman Binaan, Ini Manfaat dan Bahaya Ganja Bagi Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Baru-baru ini ramai dibicarakan tanaman ganja yang jadi tanaman obat binaan Kementerian Pertanian yang telah ditetapkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Ketetapan tersebut ada dalam Keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 104/KPTS/HK.140/M/2/2020 tentang Komoditas Binaan Kementerian Pertanian.

Bicara soal ganja atau marijuana, tanaman ini dulunya masuk dalam jenis narkotika golongan I menurut undang-undang Nomor 35 Tahun 2009. Tanaman ganja merupakan obat depresan yang terbuat dari daun cannabis.

Dikutip dari CNN, ganja mengandung zat Tetrahidrokanibol (THC) yang diklaim sebagai salah satu dari 400 zat kimia yang dapat menyebabkan efek perubahan dalam hati.

Ganja memang kerap dijadikan sebagai obat. Sebab, ganja memiliki beberapa manfaat tapi juga tak sedikit bahaya dari ganja jika disalah gunakan.

Berikut adalah manfaat dan bahaya ganja bagi kesehatan tubuh.
Manfaat Ganja

1. Menenangkan kecemasan

Dilansir dari beberapa sumber, penelitian dari Harvard Medical School mengungkapkan ganja memiliki efek menenangkan kecemasan pada seseorang. Hal tersebut tentu jika penggunaan dibawah pengawasan dokter.

2. Memperlambat Alzhaimer

Penyakit alzhaimer merupakan penyakit yang menyerang fungsi otak. Sebuah penelitian dari Scripss Research Institute pernah melaporkan ganja dapat memperlambat penyakit alzhaimer yang mengganggu fungsi otak.

3. Mengatasi Penyakit Parkinson.

MedPage Today pernah melaporkan bahwa ganja memiliki manfaat salah satunya mengatasi penyakit parkinson dan mengatasi tremor dan meningkatkan kemampuan motorik seseorang.

4. Mengobati Radang Usus

University of Nottingham pernah melakukan peneliian terhadap ganja bahwa zat THC yang terkandung dalam ganja bisa berinteraksi dengan sel-sel dalam tubuh yang memainkan peran penting dalam fungsi usus dan respon imun dalam tubuh.

Meski memilki manfaat bagi tubuh, namun ganja juga berbahaya untuk kesehatanmu jika dikonsumsi tanpa pengawasan dokter. Berikut adalah bahaya dari ganja pada kesehatan tubuh dan mental.

Bahaya Ganja:

1. Efek halusinasi
2. Gangguan paru-paru
3. Gangguan sistem produksi
4. Sakit jiwa
5. Kecanduan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini