Ilustrasi shampo diisi air

MINEWS, JAKARTA – Akhir bulan selalu menjadi momok menakutkan bagi semua orang. Menipisnya uang dan bahan makanan, termasuk juga paket data, menambah kesan horor, khususnya mahasiswa dan anak kost.

Apalagi, hidup sebagai anak kost dituntut untuk selalu mandiri dan pintar mengatur keuangan, mengingat jarak yang jauh dari orang tua dan keluarga. Segala cara dilakukan, yang penting hemat.

Nah, kalau lagi akhir bulan seperti ini, apa saja ya yang biasa dilakukan sama anak kost? Yuk, simak. Barangkali kamu salah satunya yang biasa melakukan ritual-ritual seperti ini:

1. Makan Mie Instan

Say goodbye dulu ya sama makanan enak. Uang jajan yang makin tiris bikin anak kost harus putar otak biar nggak harus puasa seharian.

Salah satunya dengan mengandalkan mie instan. Harganya yang murah meriah dan banyak pilihan rasa jadi andalan para anak kost di akhir bulan seperti ini. Jangan lupa, pakai nasi.

2. Tuang Air di Botol Shampo dan Sabun

Biasanya shampo dan sabun akan habis bersamaan dan di waktu yang nggak tepat. Tapi anak kost punya cara tersendiri untuk mengatasinya, yaitu menambahkan air di botol shampo dan sabun yang nyaris habis. Jadi, tetap bisa mandi dan keramas kan?

3. Numpang Wifi

Akhir bulan memang banyak keperluan bulanan yang tiba-tiba habis, salah satunya paket internet bulanan yang juga ikutan tiris. Biar irit kuota, anak kost bakal cari spot-spot nyaman dan duduk berjam-jam tanpa orderan cuma buat nikmatin wifi gratis.

4. Sering Mampir ke Rumah Teman alias Modus Numpang Gratisan

Silaturahmi ke rumah teman juga nggak ada salahnya loh! Selain dapat pahala, kamu juga bisa modus untuk numpang makan dan wifi-an gratis.

5. Anti Nge-read Grup Whatsapp Pas Diajak Nongkrong

Teman-teman ‘hedon’ yang nggak bermasalah dengan peristiwa akhir bulan biasanya akan ngajak main di group Whatsapp kamu. Tapi sebagai anak kost harus bisa memilih, mau nongkrong atau irit-irit untuk makan besok. Jadi, biar nggak tergoda dan nggak dianggap sombong, lebih baik jangan nge-read group deh.

Itulah kebiasaan unik anak-anak kost saat akhir bulan melanda. Memang banyak tantangan, namun begitulah warna-warninya. Buat kamu yang anak kost, kira-kira kamu yang mana nih? (Annastasya Rizqa/RyV)