Intip Karir Lee Hi di Industri K-Pop, Pilih Hengkang usai ‘Dibesarkan’ YG Entertainment

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tanggal 23 September menjadi tanggal yang spesial bagi penyanyi asal Korea Selatan, Lee Hi. Pelantun ‘Holo’ ini genap berusia 24 tahun! Saengil cukhae Lee Hi!

Buat ‘HiceCream’, sebutan fans Lee Hi, pastinya sudah tahu bagaimana Lee Hi mengawali karirnya sebagai penyanyi di industri K-Pop. Pemilik nama Lee Hi itu juga sempat dinaungi agensi besar, meski demikian, ia memlilih tak ingin memperpanjang kontraknya di tempat yang telah membesarkan namanya itu.

Untuk mengenalnya lebih dekat, Minews.id bakan membahas perjalanan karier Lee Hi. Disimak ya gaes!

Lee Hi memulai kariernya dengan mengikuti audisi pencarian bakat yang digelar oleh stasiun TV SBS, ‘K-pop Star Season 1’ di tahun 2011. Ia membawakan lagu Bust Your Windows milik Jazmine Sullivan di acara tersebut.

Penampilanya saat itu berhasil memukau Yang Hyun Suk, pemilik YG Entertainment. Tak hanya Yang Hyun Suk, Lee Hi juga menarik perhatian juri lainnya, seperti Park Jin Young dari JYP Entertainment, dan BoA dari SM Entertainment.

Lee Hi pun sukses meraih gelar runner up atau juara kedua dalam acara ‘K-pop Star Season 1’ lewat lagu Rolling In The Deep milik Adele. Di posisi pertama diraih Park Jimin yang kini dikenal dengan Jamie.

Memiliki suara yang khas, Lee Hi pun kemudian bergabung dengan YG Entertainment. Hal ini karena suranya cocok dengan citra perusahaan YG Entertainment.

Sebelumnya, Lee Hi diumumkan akan debut bersama sebuah grup perempuan bernama SuPearls, yang terbentuk selama ‘K-pop Star Season 1’ dan dikontrak oleh YG Entertainment. Namun, karena masalah internal, grup tersebut pun pecah dan batal debut.

Akhirnya pihak YG Entertainment pun memutuskan untuk menjadikan Lee Hai sebagai penyanyi solo. Pada 28 Oktober 2012, ia resmi melangsungkan debutnya dengan merilis single digital bertajuk ‘1, 2, 3, 4’ dengan menggunakan nama panggung Lee Hi.

Lagu ini sukses mendominasi tangga lagu di Korea Selatan selama tiga minggu. Bahkan, Lee Hi dijuluki sebagai Monster Rookie ini, meraih berbagai penghargaan untuk penyanyi pendatang baru seperti Best Rookie Awards di Seoul Music Award dan Golden Disk Award pada 2013.

Punya suara yang unik dan khas, media internasional sekelas Billboard dan The Wall Street Journal menjulukinya sebagai “Korea’s Adele”. Keren ya!

Sukses dengan single debutnya, Lee Hi pun merilis mini album pertama bertajuk First Love pada 7 Maret 2013. Mini album yang terdiri dari lima lagu ini menampilkan musikalitas dan kualitas vokal Lee Hi dengan berbagai genre musik. Bahkan, ia juga memamerkan kemampuan rap-nya di album ini lho.

Selain itu yang spesial dalam album ini, terdapat berkolaborasi Lee Hi dengan Jennie Blackpink dalam lagu Special. Saat itu Jennie masih berstatus sebagai trainee dan belum melangsungkan debut sebagai member Blackpink.

Saat berada di YG Entertainmen, Lee Hi banyak dilirik oleh beberapa seniornya. Epik Highvpernah mengajak Lee Hi berkolaborasi dalam lagu yang berjudul It’s Cold dan tampil memukau di Mnet Asian Music Awards 2012.

Tak hanya itu, Lee Hi juga pernah berduet dengan G-Dragon dan 2NE1. Kesempatan ini tentunya menjadi momen terbaik dalam karir Lee Hi. Ia bahkan mengakui sangat mengagumi G-Dragon dan CL, karena penampilan mereka yang selalu keren dan totalitas saat di panggung.

Pada 2014, YG Entertainment membentuk sub-unit Hi Suhyun, yang beranggotakan Lee Hi dan Lee Suhyun dari Akdong Musician, yang juga merupakan lulusan dari program ‘K-pop Star 2’. Hi Suhyun memulai debutnya dengan merilis digital single bertajuk I’m Different.

Setelah sukses dengan album First Love dan sub unit bersama Suhyun Akmu, pada 2016 Lee Hi kembali mengeluarkan mini album Seoulite, dengan dua tahap. First in a half album format dirilis pada 9 Maret 2016, dengan title track Breathe.

Breathe sendiri merupakan lagu yang ditulis oleh mendiang Jonghyun, vokalis utama grup SHINee. Lagu ini juga sukses memuncaki tangga lagu di beberapa negara.

Sejak lagu Breathe sukses menyita perhatian para penggemar, Lee Hi memang belum lagi mengeluarkan single atau album, kurang lebih 3 tahun lamanya. Meskipun tidak adanya comeback yang dilakukan oleh agensi, Lee Hi tetap menyapa penggemar.

Bersama Code Kunst, produser musik dari AOMG, Lee Hi mengeluarkan single X di tahun 2017. Lee Hi juga secara pun sempat tampil bersama Code Kunst di festival SXSW di Austin, Texas, Amerika Serikat pada tahun 2018.

Pada tahun 2019, Lee Hi memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan YG Entertainment. Ia memutuskan untuk keluar dari agensi tersebut setelah melakukan comeback dengan album 24oC. Meski begitu, ia masih menjalin hubungan baik dengan teman-teman artisnya di agensi itu.

Sempat diberitakan akan bergabung dengan MakeUs Entertainment, rupanya Lee Hi lebih memilih masuk ke agensi milik Jay Park, AOMG.

Lee Hi mengumumkan lewat akun Instagram resminya bahwa dirinya akan merilis lagu comeback yang bertajuk “HOLO”. Pada 23 Juli 2020 lalu, Lee Hi merilis single terbarunya itu yang begitu dinantikan oleh banyak orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini