Inspiratif, Mahasiswa Unusa Surabaya Bikin Teh Celup dari Daun Beluntas

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kreativitas dari 4 Mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) patut diancungi jempol. Empat mahasiswa yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini berhasil membuat teh celup dari daun beluntas dan gula batu. Produk ini dinamakan ‘Teh Debu’.

Keempatnya yakni Adinda Priyanti Dewi, Nur Aisyah, Marwatul Hasanah, yang merupakan mahasiswa Program Studi (Prodi) D-4 Analisa Kesehatan, dan Avia, mahasiswa Prodi S1 Gizi.

Salah satu anggota PKM, Nur Aisyah mengatakan, alasan mereka memakai daun beluntas karena tumbuhan ini mudah ditemui di Indonesia. Selain itu, daun ini juga sudah menjadi salah satu jamu yang kerap dipakai sejak zaman dahulu.

“Daun beluntas ini lebih mudah untuk dinikmati dengan dibuat seperti teh celup, dan kantong tersebut terdiri dari berbagai macam ramuan yang dapat menjaga kesehatan tubuh peminumnya,” katanya melansir situs kominfojatim, Jumat 25 September 2020.

Inspiratif, Mahasiswa Unusa Surabaya Bikin Teh Celup dari Daun Beluntas

Aisyah juga menjelaskan bahwa daun beluntas memiliki beberapa khasiat. Seperti meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, hingga menghilangkan bau badan dan bau mulut.

“Selain itu, juga bisa meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, hingga keputihan,” ujarnya.

Selain daun beluntas, dalam teh ini ada juga kandungan bunga mawar. Diketahui, mawar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti meredakan sakit kepala, baik untuk sistem pencernaan, menurunkan berat badan, hingga meningkatkan sistem imun, dan menyehatkan mata.

“Selain itu ada gula batu yang mempunyai khasiat, sumber energi tubuh, meredakan stres, meredakan nyeri haid, dan solusi bagi penderita darah rendah,” kata Aisyah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini