Marlina si Pembunuh Empat Babak

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sosok perempuan sering kali dianggap sebelah mata. Wanita kerap dipandang sebagai sosok lemah yang tak bisa diandalkan.

Stereotype itu membuat kaum wanita kini bangkit dan membuktikan diri mereka. Kini, banyak perempuan-perempuan tangguh dan kuat yang berjuang untuk bisa disetarakan dengan kaum Adam.

Nah, bertepatan di Hari Perempuan Internasional ini, ada baiknya kita sadar akan perjuangan sosok perempuan yang luar biasa. Biar makin terinspirasi, yuk simak deretan film tentang kaum perempuan yang berani dan tangguh.

1. Little Women (2019)

Film pertama bertema perempuan ialah ‘Little Women’ yang rilis tahun 2019. Film ini, sukses diperankan Saoirse Roman, Emma Watson, Florence Pugh, James Norton dan Timothy Chalamet.

‘Little Women’ menceritakan empat anak perempuan kakak beradik yang hidup dalam kesederhanaan. Film yang berlatar di tahun 1968 ini juga fokus pada si anak sulung, Jo March yang berjuang untuk menjadi penulis terkenal.

Kehidupan keluarga mereka pun jauh dari kata sempurna. Keempat gadis ini berjuang untuk mendapatkan mimpi mereka masing-masing.

2. Bird Box (2018)

Selanjutnya ada film ‘Bird Box’. Meski bergenre horor/thriller, film ini tetap menyoroti perjuangan dan tangguhnya sosok wanita.

Bird Box sukses diperankan aktris Sandra Bullock (Malorie), sosok wanita hamil yang berjuang mempertahankan janinnya saat dunia sedang diserang makhluk aneh tak kasat mata yang mematikan. Bertahun-tahun hidup dengan makhluk tersebut, Malorie harus berjuang menyelamatkan anak-anaknya dari teror mereka.

Sosok Sandra Bullock di film ini begitu tangguh dan menginspirasi. Ia berjuang sekuat tenaga untuk melindungi putra putrinya.

3.  Kartini (2017)

Beralih dari Hollywood, tanah air juga memiliki film bertema wanita yang menginspirasi yaitu, Kartini. Film ini digarap oleh sutradara ternama, Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo.

Kartini dalam film tersebut merupakan sosok yang terkekang oleh budaya. Ia diharuskan menjadi sosok perempuan berada di dalam rumah, mengurus urusan rumah tangga, bertutur yang sopan, dan menurut apa kemauan lelaki.

Karena hal itu, Kartini muda menganggap keluarga sebagai penjara yang dapat menghilangkan kemerdekaannya. Ia pun berjuang dengan segala pertentangan merebut kesetaraan wanita dan tak dipandang sebelah mata.

4. Srikandi (2016)

Masih dari Indonesia, film selanjutnya ialah Srikandi yang tayang pada tahun 2016. Film yang dibintangi oleh Tara Basro, Bunga Citra Lestari, dan Chelsea Islan ini mengambil latar belakang olahraga.

Ketiganya adalah atlet panahan dan hidup di latar belakang keluarga yang berbeda. Masalah yang mereka hadapi juga berbeda, hingga akhirnya dipersatukan menjadi tim panahan yang mewakili Indonesia di Summer Olimpyc 1988 di Seoul, Korea Selatan.

5. Marlina si Pembunuh Empat Babak (2017)

Terakhir ada film thriller yang mengisahkan perlawanan perempuan, Marlina si Pembunuh Empat Babak. Film garapan Mouly Surya ini mampu menyihir penonton dengan perjuangan Marline sebagai wanita independen yang berjuang mendapatkan keadilannya.

Suatu hari, Marlina hendak diperkosa oleh Markus, seorang perampok keji. Marlina pun melawan dengan terang-terangan bahkan menebas kepala pria yang hendak menyentuhnya itu.

Cerita pun berlanjut dengan Marlina membawa kotak berisi kepala pria tersebut ke kantor polisi. Ia pu menceritakan kisah perampokan dan pemerkosaan yang dialami olehnya. Sayangnya, polisi tidak menanggapi Marlina dengan serius.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here