Ilustrasi toko thrift shop (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di dunia fashion, sering kali dihadapkan dengan berbagai jenis pakaian yang menarik. Untuk yang ingin tampil stylish dan bergaya kekinian tak harus membeli barang-barang yang mahal.

Tapi saat ini tak perlu khawatir untuk merogoh kocek yang dalam. Kamu dapat tampil stylish dan fashionable dengan harga terjangkau dengan melakukan thrifting.

Thrifting merupakan kegiatan berbelanja barang-barang yang didapatkan secara murah, biasanya terdapat di pasar barang bekas, pasar loak, atau garage sale. Saat ini, thrifting sedang ngehits dikalangan anak muda.

Adapun sensasi dalam thrifting seperti mencari ‘harta karun’ fashion. Thrifting ini tak hanya sekedar membeli barang bekas. Namun, memiliki nilai jual tersendiri baik dari segi merk, kualitas bahan, maupun modelnya.

Barang yang dijual di toko thrift biasanya masih dalam keadaan baik dan berkualitas. Nah, barang-barang yang dijual di toko thrift lebih sering disebut dengan istilah preloved.

Jika kamu ingin melakukan thrifting, inilah tips dan triknya bagi pemula. Simaklah dibawah ini!

1. Tawar harga barang

Untuk melakukan thrifting di sebuah pasar, kita dapat melakukan tawar-menawar harga. Walaupun harga barang yang ingin dibeli dapat dikatakan cukup murah, tetapi bisa saja mendapat harga barang lebih rendah lagi.

Saat menawar harga barang yang kita inginkan, gunakan bahasa yang sopan. Pada waktu menawar hindari menyebutkan harga dan membiarkan penjual yang memberikan harga terlebih dahulu. Sepele namun penting, sebelum membeli barang tersebut, cari tahu harga barang yang sama di beberapa toko yang berbeda.

2. Mencari tahu tempat thrifting

Sebelum melakukan thrifting, kamu harus mencari tahu tempat yang menjual barang-barang bekas tersebut. Kegiatan ini tak dapat dilakukan dimanapun. Setiap tempat barang yang disajikan berbeda-beda. Baiknya, kamu melakukan riset tempat yang ingin dituju terlebih dahulu. Jika salah tempat akan muncul rasa kecewa dengan barang yang tersedia di pasar tersebut. Nah, agar kegiatan thriftingmu lancar, carilah waktu yang tepat.

3. Melihat kualitas barang

Saat melakukan thrifting, kamu harus melihat kondisi barang yang akan dibeli. Apakah barang tersebut masih layak pakai atau tidak, mengingat barang yang dibeli merupakan barang bekas. Terkadang barang yang dijual ada yang tak layak untuk dipakai atau dijual kembali.

Untuk itu, kamu harus lebih teliti dan melihat lebih detail dalam memilih barang tersebut. Kualitas barang yang harus dipertimbangkan seperti jahitannya masih kuat atau tidak, jenis bahannya dan kerusakan apa saja yang terdapat pada barang tersebut.

4. Gunakan outfit yang nyaman

Gunakan outfit yang nyaman dan santai supaya kamu lebih leluasa saat berbelanja. Perlu diketahui, tak semua barang yang dijual itu sepenuhnya bersih. Sebaiknya, kamu menggunakan baju lengan panjang, celana panjang dan memakai masker supaya kebersihan kulitmu tetap terjaga. Kemudian, gunakan tas yang bisa diletakkan di depan agar kamu bisa melindungi barang bawaanmu jika nantinya kamu harus berdesak-desakan.

5. Lakukan eksperimen

Nah, untuk yang satu ini jangan sampai tak dicoba. Saat melakukan thrifting, kamu dapat bereksperimen. Bereksperimen dengan cara memadukan barang dari atasan hingga bawahan yang ingin kamu beli. Mengingat banyaknya keunikan dari barang-barang tersebut. Melakukan sebuah eksperimen menjadi tantangan untuk diri sendiri. Mungkin saja kamu menemukan kombinasi fashion yang matching, baik dengan pakaian yang sudah kamu punya maupun yang terdapat di tempat thrifting.

Reporter: Azizah Putri Octavina

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here