MATA INDONESIA, JAKARTA – Korea selatan merupakan negara yang menerapkan wajib militer. Wajib militer ini berlaku bagi laki-laki yang bertubuh sehat dan berusia dari 18 hingga 28 tahun. Wajib militer dilaksanakan kurang lebih selama 2 tahun. Mereka yang mendapatkan panggilan untuk mengikuti wajib militer, apabila menolaknya akan mendapatkan hukuman penjara. Tidak hanya untuk warga Korea biasa, tetapi selebriti juga wajib mengikuti program tersebut.

Wajib militer di Korea sebagai bentuk pengabdian terhadap negara tercinta. Meski kalangan atas tak ada alasan untuk menolak mengikuti wajib militer, kecuali masalah kesehatan. Tak hanya meninggalkan dunia hiburan sementara, para artis pria Korea pun harus meninggalkan penggemarnya. Jika mereka pergi wajib militer, biasanya mengirimkan salam perpisahan kepada penggemarnya. Siapa saja artis Korea yang mengikuti wajib militer? Berikut daftarnya.

1. Suho “EXO”

Suho EXO terkenal sebagai leader EXO yang berkarisma. Saat ia menjalankan wajib militer ia mengucapkan salam perpisahan kepada penggemarnya. Pada 4 Mei 2020, Suho mengonfirmasi kepergiannya melalui akun sosial medianya. Dengan menuliskan “Pada tanggal 14 Mei 2020, aku akan masuk wajib militer untuk menjalani tugasku. Aku rasa, aku bakal merindukan EXO-L selama diriku berada di tempat militer. Aku berharap kalian turut memikirkan dan terus mendukungku setiap hari. EXO-L sehatlah selalu. Secara tulus, aku mengucapkan terima kasih dan aku mencintai EXO-L. Kami adalah satu, EXO.”

Sebelum ia pergi, Suho merilis lagu Self Potrait, agar penggemarnya dapat mendengarkan suara indahnya. Buat kamu yang akan kangen dengan leader EXO ini bisa mendengarkan lagu EXO, atau menonton ulang drama yang dibintanginya sambil menanti kepulangannya dari wajib militer.

2. Park Bo-gum

Park Bo-gum memiliki julukan Nation’s Little Brother. Sudah siap ditinggal Park Bo-gum kurang lebih dua tahun?

Namun, jangan khawatir karena aktor kelahiran 1993 ini udah menyiapkan drama terbaru untuk para penggemarnya yakni Record of Youth yang tayang September 2020. Park Bo-gum sempat menjadi salah satu bintang “Korean Wave” berkat kesuksesan di drama Reply 1988.

Selain drama Reply 1988, Park Bo Gum sudah bermain di beberapa drama seperti Hello Monster, Wonderful Mama, I Remember You, Naeil’s Cantabile, Moonlight Drawn by Clouds, hingga yang terakhir Encounter.

Peran yang didapatkan oleh Park Bo-gum selalu berbeda-beda yang membuat para penggemarnya terpesona dengannya. Selain jago akting, ia juga sopan dan ramah yang membuat penontonnya jatuh hati.

3. Ji Chang Wook

Ji Chang-wook ditempatkan di Markas Infanteri 3 di Cheorwon pada saat menjalani wamil. Diketahui markas tersebut adalah markas pasukan terhebat di Korea Selatan. Ji Chang-wook menjalani wamil nya pada Agustus 2017. Menariknya, dalam waktu satu bulan saja Ji Chang-wook mampu ditunjuk sebagai pimpinan peleton.

4. Lee Min Ho

Sebagai salah satu aktor yang popular di Korea Selatan. Lee Min Ho ini sudah mengikuti program wajib militer. Penampilan Lee Min Ho di drama sangat dinantikan banyak orang. Tak heran jika ia dinantikan oleh penggemarnya karena memiliki wajah yang tampan dan jago akting. Lee Min Ho memilih proyek besar seperti The King: Eternal Monarch untuk penampilan kembalinya dan bekerja sama dengan penulis drama terkenal Kim Eun-sook serta aktris Kim Go-eun yang telah memenangkan berbagai penghargaan.

5. Song Joong-ki

Usai mengikuti program wajib militer. Song Joong-ki justru memilih untuk berperan sebagai seorang kapten pasukan tentara khusus di Descendants of the Sun. Serial ini pun berhasil meraih kesuksesan besar dengan rating sebesar 38,8 persen di Korea. Kisah cinta karakternya dengan seorang dokter mampu memikat hati penggemar, terutama ketika mereka berdua harus melewati berbagai kejadian yang berbahaya.

6. Kyuhyun Super Junior

Anggota termuda Super Junior ini selesai wamil pada 7 Mei. Setelah Ryeowook, Kyuhyun akan menjadi anggota terakhir yang menyelesaikan dinas militernya. Selama istirahat wamil, Kyuhyun telah meluangkan waktu untuk mendukung anggotanya selama comeback dan konser mereka di Jepang. Fans sangat senang dengan kembalinya penyanyi ini dan juga proyek apa yang akan dilakukan Super Junior dengan kembalinya Kyuhyun nanti.

7. Park Seo Joon

Park Seo Joon menyelesaikan dinas militernya sebelum ia terjun ke dunia akting. Ia masuk wajib militer pada usia 19 tahun. Park Seo Joon segera memulai debutnya sebagai aktor setelah mengikuti wajib militer. Sekarang namanya dikenal banyak orang. Beberapa drama yang diperankan oleh Park Seo Joon adalah Itaewon Class , What’s Wrong with Secretary Kim, dan Kill Me, Heal Me.

8. Kim Soo-hyun

Kim Soo-hyun menjalani wajib militer sejak Oktober 2017. Kim meraih kepopuleran di negaranya dan negara lain atas perannya dalam drama Moon Embracing the Sun (2012), My Love from the Star (2013), serta The Thieves (2012).

Kim Soo-hyun melaksanakan tugas wajib militer di divisi 1 pada Garis Demarkasi Militer dan Garis Batas Selatan. Selepas ia keluar dari wajib militernya, para fansnya telah menunggunya di depan gedung Pyeonghwauijong di Paju, Gyeonggi-do.

Setelah itu, Kim Soo-hyun membintangi serial drama Korea yang baru-baru ini dibicarakan oleh publik yaitu It’s Okay to Not Be Okay. penampilan Kim Soo-hyun dalam serial It’s Okay to Not Be Okay terus mendapatkan banyak pujian.

Reporter: Azizah Putri Octavina

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here