MATA INDONESIA, JAKARTA – Atlet olahraga ekstrem biasanya mempertaruhkan nyawa mereka setiap kali melakukan aksinya. Bahkan dalam keseharian, mereka biasanya merencanakan kegiatan-kegiatan apa yang menantang.

Memang, tak ada yang salah jika Anda merupakan salah satu pegiat atau penggemar olahraga tersebut — apabila dilakukan secara baik dan benar serta sesuai dengan kaidah-kaidah keselamatan. Akan tetapi, mengingat risiko tinggi yang mengancam nyawa, maka tak jarang jika olahraga ekstrem menimbulkan korban luka serius hingga jiwa. Bahkan para atlet olahraga ekstrem itu sendiri.

Mereka menetapkan standar yang lebih tinggi setiap saat, dengan fokus pada tujuan yang ingin mereka capai.

Berikut ini adalah atlet olahraga ekstrim yang paling berpengaruh di dunia:

1. Bethany Hamilton

Pada usia 13 tahun, Hamilton sedang berselancar di dekat rumahnya di Kauai ketika dia diserang oleh hiu macan setinggi 14 kaki. Meskipun Bethany kehilangan seluruh lengan kirinya, dia kembali ke papan selancar hanya sebulan setelah keluar dari rumah sakit. Sejak itu, Hamilton menjadi atlet pelancar internasional dan memenangkan banyak kompetisi dan kejuaraan. Otobiografinya, Soul Surfer, langsung menjadi buku terlaris, dan bahkan dibuat filmnya.

Saat ini Hamilton berusia 28, menjadi seorang ibu dengan punya 2 juta follower di akun instagramnya. Bethaby rajin mengupdate dan memberikan tips-tips berselancar.

2. Kelly Sildaru

Di usianya yang baru 18 tahun, Kelly Sildaru merupakan salah satu atlet paling berpengaruh dalam olahraga ski. Pemain ski gaya bebas dari Estonia ini membawa pulang medali emas X Games pertamanya pada tahun 2016 di usianya yang baru 13 tahun.

Kelly punya wajah yang cantik. Beberapa kali ia ditawari jadi model. Namun ia lebih fokus ke olahraga Ski yang digelutinya sejak kecil.

Saat dia menang, dan meraih medali emas, Kelly menjadi atlet termuda peraih medali emas dalam sejarah X Games. Kelly juga memenangkan Dew Tour pada tahun 2015 dan 2016. Kemudian pada tahun 2017, ia menjadi wanita pertama yang mendapatkan Switch 1260 derajat dan 1440 derajat selama kompetisi. Pada tahun yang sama, Kelly Sildaru memenangkan kejuaraan Dunia Ski.

3. Horacio Llorens

Horacio Llorens memiliki sekolah paralayang di Spanyol. Sejak memulai karier profesionalnya pada tahun 2000, Llorens telah membuktikan bahwa ia selalu siap menghadapi tantangan. Pada 2012, dia melompat dari helikopter pada ketinggian 19.700 kaki di atas Guatemala, dan memecahkan rekor dunia dengan 568 putaran berturut-turut. Beberapa tahun kemudian, dia melompat dari pesawat di Tromso, Norwegia untuk terbang di antara Aurora Borealis. Dia telah memenangkan hampir semua kompetisi besar baik untuk Sincro maupun Solo Gliding.

3. Xavier De Le Rue

Xavier adalah snowboarder gunung besar yang berasal dari Prancis. Jika namanya terdengar asing, bisa jadi karena kakak Xavier, yaitu Paul-Henri juga seorang snowboarder.

Xavier memulai karier pro-nya di tur pro Boardercross. Sejak itu, ia telah membawa pulang banyak medali dan gelar juara termasuk dua medali emas dari Kejuaraan Dunia Snowboarding FIS.

Di dunia ini, nama Xavier menjadi legenda dan punya pengaruh cukup besar bahkan dinobatkan sebagai “pengendara gunung besar tahun ini” oleh majalah Snowboarder.

4. Ryan Doyle

Parkour mungkin salah satu olahraga ekstrim yang kurang dikenal. Tapi bagi Ryan Doyle, olahraga ini membuat dirinya dikenal di seluruh dunia. Serangkaian video yang diposting di YouTube mendokumentasikan gaya parkour yang unik: freerunning dan seni bela diri.

Doyle adalah pendiri World Freerunning dan Parkour Federation. Ia telah memenangkan berbagai penghargaan untuk video parkour-nya dan telah menjadi atlet resmi Red Bull. Dia memenangkan sejumlah acara Red Bull Art of Motion events dan ditempatkan di beberapa acara lainnya.

5. Henrik Harlaut

Henrik Harlaut adalah pemain ski gaya bebas dari Swedia dan salah satu atlet olahraga ekstrim terbaik di dunia. Pada X Games pertamanya di tahun 2013, Harlaut membawa pulang medali emas setelah mendapatkan ‘Nose Butter Triple Cork 1620’ yang pertama.

6. Chris “Douggs” Mcdougall

Chris adalah jumper, skydiver, dan wingsuit profesional BASE dengan pengalaman 20 tahun. Dia melakukan lebih dari 3.500 lompatan dari gedung, tebing, antena, dan jembatan di seluruh dunia. Douggs adalah salah satu orang pertama yang melakukan lompatan BASE dari Menara Al Hamra di Kuwait pada tahun 2013. Dia juga melakukan  ‘Night Human Slingshot’ pertama di Dubai pada tahun 2012. Dia juga seorang instruktur lompat BASE dan pembicara motivasi. Dengan seminarnya, dia menceritakan  pengalamannya untuk membantu orang merangkul dan mengatasi ketakutan mereka.

Reporter: Tiara Sopyani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here