Inilah 10 Profesi Paling Diminati di Indonesia, Jurnalis?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bekerja dilakukan oleh seseorang agar mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Setiap pekerjaan memiliki tanggung jawab dan risikonya masing-masing.

Selain itu, penghasilan yang didapat juga berbeda-beda. Tidak semua pekerjaan mampu menghasilkan banyak uang untuk memenuhi kebutuhan setiap individu. Namun, entah pekerjaan dengan gaji rendah atau besar, semuanya memiliki peminatnya masing-masing.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 profesi pekerjaan yang paling diminati masyarakat Indonesia.

  1. Tenaga Pengajar

Bukan rahasia kalau tidak semua anak di Indonesia mampu mengenyam pendidikan yang layak. Ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi lingkungan dan ekonomi. Sebagai fasilitas penunjang pendidikan dan upaya pencegahan agar anak-anak tidak putus sekolah, pemerintah membangun sekolah-sekolah di berbagai daerah.

Hal tersebut mendorong pemerintah membuka lowongan pekerjaan untuk tenaga pengajar agar dapat mendidik anak-anak di sekolah yang telah dibangun. Diketahui bahwa 70 persen anggaran dana pendidikan diperuntukkan untuk gaji pengajar.

Selain pengajar menjadi salah satu profesi yang mulia, profesi ini memiliki job security yang tinggi. Sebagai salah satu sektor utama kehidupan, pendidikan dalam hal pembangunan sekolah dan institusi di berbagai jenjang akan terus berlangsung sehingga profesi pengajar juga akan terus ada. Oleh karenanya, tak ayal bila profesi ini menjadi salah satu profesi yang paling diminati.

  1. Pegawai Bank

Hampir seluruh penduduk Indonesia menyimpan kekayaannya dalam bentuk tabungan. Banyak bank didirikan untuk menghimpun dan menyalurkan modal kerja agar tercipta pertumbuhan ekonomi. Bank yang tersebar di seluruh Indonesia membutuhkan ribuan pekerja untuk mengurus segala pekerjaan yang dibutuhkan. Itulah sebabnya menjadi pegawai bank merupakan salah satu profesi yang paling diminati di negeri ini.

Selain itu, gaji yang ditawarkan untuk pegawai bank juga sangat menarik, yang mana selain memberikan gaji pokok biasanya juga ada bonus dan tunjangan yang akan didapat.

  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Menjadi pegawai negeri sipil merupakan impian banyak orang di Indonesia. Selain mendapatkan gaji pokok, profesi ini juga menawarkan berbagai tunjangan dan dana pensiun yang akan didapat ketika para pegawai negeri sipil sudah tidak produktif lagi.

Jadi, tidak mengherankan ketika ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dibuka, jumlah pelamar mampu menembus angka puluhan ribu orang.

  1. Digital Marketer

Digital Marketer merupakan profesi yang sejatinya memiliki beberapa konsentrasi bidang pekerjaan, dua di antaranya yaitu Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Seperti yang diketahui, keberadaan SEO dan SEM saat ini sangat dibutuhkan terutama di perusahaan rintisan atau start-up, seperti fintech, edutech dan lain sebagainya.

Digital Marketer dibutuhkan perusahaan untuk promosi produk ataupun jasa. Kegiatan promosi secara digital ini biasanya dilakukan dengan spesifik berdasarkan target pasar yang telah ditentukan kriterianya, mulai dari usia, lokasi tempat tinggal, minat, jenis kelamin, dan lainnya.

Profesi ini sangat diminati masyarakat Indonesia khususnya di saat pandemi COVID-19 seperti sekarang di mana banyak perusahaan berlomba-lomba bertahan dengan mempromosikan bisnis mereka. Gaji yang ditawarkan untuk profesi ini juga menggiurkan, mulai dari lima juta hingga belasan juta rupiah.

  1. Profesi di bidang Teknologi dan Informasi (IT)

Beberapa profesi yang berkaitan dengan Teknologi dan Informasi (IT) memang sangat menjanjikan. Hal tersebut dikarenakan bidang profesi yang satu ini selalu dibutuhkan di setiap perusahaan. Terlebih mengingat perkembangan teknologi informasi yang semakin hari semakin canggih.

Berbagai profesi yang berkaitan dengan IT antara lain software developer, programmer, system engineer, UX designer, hingga keamanan siber.

Peluang pekerjaan IT sangat besar, dengan gaji yang ditawarkan juga menggiurkan dan fantastis, yaitu mulai dari Rp5,5 juta sampai Rp60 juta per bulannya. Jadi, tidak heran kalau profesi ini diminati masyarakat Indonesia khususnya bagi mereka yang baru lulus kuliah.

Selain itu, Indonesia yang dalam bidang teknologi masih tertinggal dengan beberapa negara lain, mendorong lowongan kerja di bidang IT mudah untuk ditemui. Ditambah lagi semakin banyaknya perusahaan yang menerapkan sistem penjualan online untuk memasarkan produknya sehingga membuat tenaga IT kian dibutuhkan.

  1. Praktisi Kesehatan

Berbagai jenis profesi dalam bidang kesehatan memang selalu diminati banyak orang, mulai dari dokter, perawat maupun apoteker. Penghasilan yang dihasilkan dalam bidang ini juga termasuk di atas rata-rata.

Menurut laporan World Economic Forum, lapangan pekerjaan di bidang kesehatan masih tetap akan menjanjikan di masa depan. Populasi penduduk yang semakin meningkat tiap tahunnya secara otomatis meningkatkan kebutuhan praktisi kesehatan di berbagai daerah.

Selain itu, kondisi pandemi COVID-19 yang melanda dunia saat ini terbukti sangat membutuhkan praktisi kesehatan. Karena profesi di bidang ini tidak bisa dimasuki sembarang orang dan perlu keahlian yang dipelajari secara khusus, sehingga praktisi kesehatan menjadi profesi idaman bagi banyak orang.

  1. Jurnalis

Semakin banyaknya media massa membuat profesi jurnalis semakin diminati. Melihat kondisi perkembangan media massa saat ini, tidak hanya televisi maupun surat kabar atau majalah saja yang membutuhkan jurnalis. Menjamurnya media daring juga menyerap tenaga kerja yang semakin banyak.

Profesi jurnalis di media pun luas dan mencakup beberapa pekerjaan lainnya, seperti editor, penulis konten, reporter, penyiar, hingga fotografer.

  1. Akuntan

Semua badan usaha atau organisasi membutuhkan akuntan untuk mengurus pembukuan atau keuangan mereka. Itulah sebabnya mengapa banyak universitas negeri maupun swasta yang memiliki fakultas ekonomi dan akuntansi diminati banyak orang. Profesi akuntan juga memiliki gaji yang cukup besar.

  1. Data Analyst

Profesi data analyst saat ini diminati banyak orang berkat adanya digitalisasi. Berbagai perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk data analyst memberikan variasi gaji yang cukup menggiurkan. Profesi ini berhubungan dengan data statistik, matematika, dan ekonomi yang dipadukan dengan ilmu komputer. Oleh karena itu, perlu mendalami ilmunya selama bertahun-tahun. Seorang data analyst juga dituntut untuk terus belajar karena perkembangan teknologi yang semakin pesat.

  1. Karyawan BUMN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menjamur di mana-mana dengan jumlahnya lebih dari 120 badan usaha. Berprofesi sebagai karyawan BUMN merupakan keuntungan dan kebanggaan tersendiri. Selain gajinya yang tinggi, tunjangan dan jenjang karier yang menjanjikan pun sangat menggiurkan. Namun, persaingan untuk kerja di BUMN juga terbilang ketat. Meskipun demikian, melihat banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh, banyak orang yang minat menggeluti profesi ini.

Reporter: Safira Ginanisa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini