Ini Tips Menjaga Kesehatan Untuk Lanjut Usia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Musim pancaroba sudah melanda sejumlah wilayah di Indonesia. Hujan deras diiringi angin kencang dan kemudian berubah mendadak ke panas terik, membuat kondisi badan pun banyak yang turun.

Saat ini, menjaga kesehatan penting dilakukan oleh semua orang, tanpa memandang usia. Terlebih untuk mereka yang sudah lanjut usia (lansia) karena termasuk rentan terkena penyakit.

Berikut ini, tips penting untuk para lanjut usia dalam menjaga kesehatan, terutama di musim pancaroba dan pandemik Covid-19. Yuk, simak tips nya!

1. Menjaga Pola Makan Sehat

Lanjut usia biasanya mengalami berbagai macam permasalahan, salah satunya dalam mengonsumsi makanan. Beberapa makanan mungkin tidak menarik nafsu mereka, dan bisa juga berpengaruh karena indera penciuman dan perasa mereka yang mulai berubah. Maka penting sekali untuk memperhatikan atau menjaga pola makan yang sehat, agar imun menguat.

Blue Moon Senior Counseling menyarankan setidaknya orang lanjut usia mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian atau oatmeal dalam sehari. Selain itu, disarankan juga untuk konsumsi protein dari ayam, ikan, maupun telur, dan tidak membeli makanan cepat saji. Atau selain itu, lansia dapat menerapkan pola aturan makan diet “80/20”. Dengan maksud mendorong diri untuk 80% menikmati makanan sehat dan makanan lain, tanpa khawatir 20 persen sisanya.
Selain itu, artikel dari dr. Kevin Adrian pada portal alodokter.com menyarankan lanjut usia supaya mencegah obesitas, diabetes, hingga penurunan daya ingat ketika berada di usia lebih dari 70 tahun. Pencegahan ini dengan cara mengontrol porsi makan. Perbanyak frekuensi makan (misalnya, 6 kali sehari) dengan porsi yang lebih kecil, dibandingkan dengan porsi yang besar di jam makan biasa.
Selain itu, prioritaskan menu makan yang kaya serat, rendah lemak, dan bebas kolesterol. Hindari juga konsumsi makanan siap saji dan alkohol, serta merokok.

2. Tetap Aktif

Di cuaca pancaroba dan ditambah adanya pandemik Covid-19, membuat lansia makin harus menjaga diri di dalam rumah. Lansia yang masih dapat berjalan baik disarankan untuk tetap aktif, guna menyesuaikan diri dengan keadaan setelah bertambahnya usia.

Lansia bisa melatih peregangan melalui olahraga ringan, misalnya aerobik di rumah, dengan mengikuti gerakan yang ada pada video latihan di Internet. Beberapa video banyak yang dibuat khusus untuk lansia, dan diharapkan bisa menjadi olahraga mandiri yang dapat meningkatkan mobilitas, mengurangi kaku otot, dan menguatkan kesehatan mental.

Durasinya untuk latihan agar tetap aktif, cukup 30 menit sehari, dengan persetujuan dokter, atau menyesuaikan daya tahan tubuh. Selain itu, yang paling penting adalah jangan terlalu sering berdiam diri maupun tidur sepanjang hari. Setidaknya, lansia harus bergerak tiap satu jam agar peredaran darah tetap lancar dan kesehatan tulang juga akan semakin terjaga.

Hal lainnya yang bisa dilakukan agar tetap aktif yaitu dengan bercocok tanam, atau merawat hewan peliharaan. Untuk bercocok tanam, pilihlah tanaman yang membutuhkan perawatan lebih, karena akan membuat fokus untuk merawat dan menjaga tanaman tetap hidup.

3. Minum Air yang Banyak

Dehidrasi atau tubuh karena kekurangan cairan, umum dialami oleh semua usia. Namun, pada portal alodokter, disebutkan bahwa lanjut usia biasanya tidak merasakan haus tersebut, meski sebenarnya tubuh mereka dehidrasi.

Terlebih pada musim pancaroba dan pandemi Covid-19 saat ini, lansia yang memang sistem tubuhnya sudah tidak seperti saat muda, maka perlu memperhatikan jumlah air yang di minum. Minum air yang cukup dapat membantu kondisi tubuh, dan memainkan peran kunci dalam sistem kekebalan tubuh. Usahakan membiasakan minum air dimulai dari segelas saat bangun tidur hingga segelas sebelum pergi tidur.

Selain itu, perlu juga memperhatikan gejala dehidrasi berat, seperti pusing, tubuh terasa lemas, lelah dan ingin pingsan, jarang buang air kecil dan urine berwarna gelap, sakit kepala, serta kulit terlihat kering. Jika mengalami gejala tersebut, maka perlu dicatat bahwa tubuh mengalami dehidrasi.

4. Istirahat Cukup

Supaya tetap sehat di usia lanjut, tips penting terakhir yaitu istirahatlah yang cukup. Penuhi kebutuhan waktu tidur setidaknya selama 7-8 jam setiap hari. Kualitas tidur yang baik juga akan mencegah stres, memperbaiki sel-sel tubuh, dan membuat daya tahan tubuh tetap prima. Proses penuaan tidak harus identik dengan penyakit bila Anda memahami cara menjaga kesehatan lanjut usia yang baik dan tepat. Jangan lupa juga untuk rutin berkonsultasi dan memeriksakan kesehatan diri ke dokter, sebagai langkah pencegahan maupun deteksi dini terhadap berbagai penyakit yang mungkin menyerang.

Itu dia tips yang penting diketahui untuk memperhatikan kesehatan lanjut usia di masa pancaroba dan pandemik Covid-19 ini. Jangan lupa jaga kesehatan!

Reporter: Fiolita Dwina Astari

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Harga Daging Sapi di Bantul mulai Turun, Ini yang jadi Penyebabnya

Mata Indonesia, Bantul - Setelah Lebaran, harga daging sapi di Bantul mulai mengalami penurunan secara perlahan. Nur Wijaya, Lurah Pasar Niten, membenarkan hal tersebut dengan mengatakan bahwa pada 15-16 April 2024, harga daging sapi sudah stabil.
- Advertisement -

Baca berita yang ini