Ini Tips Hilangkan Bau ‘Anyir’ pada Daging Kurban, Dijamin Ampuh!

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Alhamdulillah, Idul Adha 1440 Hijriyah akhirnya tiba. Seluruh umat Muslim dunia tengah berbahagia dan memempersembahkan kurban sebagai ucapan syukur sebagaimana yang diperintahkan dalam Islam.

Daging sapi, kambing, maupun domba akan menjadi hidangan utama selama perayaan Idul Adha. Tapi, biasanya, setelah disembelih, banyak orang yang merasa bingung menghilangkan bau anyir atau amis pada daging, terutama kambing.

Nah, berikut ini, Mata Indonesia News akan berbagi tips bagaimana menghilangkan bau pada daging kurban, biar saat dimasak, terutama jika dijadikan sate, aromanya nikmat dan menggugah selera. Yuk, simak!

1. Cuci Bersih dengan Perlakuan Khusus

Salah satu cara menghilangkan bau amis baik untuk daging sapi maupun kambing adalah dengan mencucinya secara bersih dan teliti. Gunakan air mengalir untuk mencuci daging tersebut, lalu khusus untuk bagian jeroan misalnya bagian usus, cucilah dengan memasukan bumbu rempah seperti bawang merah ke dalam usus tersebut. Teknik ini dpercaya mampu membuat jeroan tak berbau anyir.

Begitupun nanti akan memasaknya jangan lupa gunakan bumbu rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, kembang lawang atau pekak, hingga kapulaga. Ini bertujuan agar bau amis minggat dan membuat tekstur daging menjadi empuk.

2. Bungkus dengan Daun Pepaya atau Daun Jambu

Membungkus daging mentah dengan daun pepaya juga dipercaya sebagai salah teknik untuk menangkal bau amis. Selain itu, enzim dalam daun pepaya juga akan bekerja menjadikan daging lebih empuk. Jika tidak ada daun pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging.

3. Masak dengan Cuka

Cara lainnya adalah memasaknya dengan cuka. Pertama-tama, didihkan 1 liter air lalu masukkan 1 kilogram daging kurban kambing atau sapi dengan 40 gram cuka. Setelah 10 Menit tiriskan daging qurban kambing atau sapi tersebut, lalu masak sesuai keinginan kamu.

4. Direbus dengan Arang

Mungkin ini tak lazim, tapi dipercaya cukup ampuh menghilangkan bau bandot pada daging kurban. Caranya adalah ambil dua potong arang dan cuci hingga bersih. Kemudian rebuslah bersama daging kurbannya. Selang 10 menit tiriskan, kemudian silakan olah sesuka hatimu.

5. Pakai Parutan Nanas

Teknik lain untuk lawan bau amis dan sekaligus membuat daging kurban menjadi empuk adalah dengan melumurinya dengan parutan nanas. Kemudian remas perlahan dan diamkan beberapa saat. Dijamin baunya akan berkurang dan dagingnya akan jadi empuk puk, puk!

Nah, tunggu apa lagi, selamat mencoba.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini