Pemerintah bakal memberlakukan kehidupan new normal dengan aturan yang ketat
Pemerintah bakal memberlakukan kehidupan new normal dengan aturan yang ketat

MATA INDONESIA, JAKARTA-Saat ini semua orang sudah sangat bosan berada di rumah. Alhasil banyak dari mereka tidak lagi mengindahkan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Laporan di lapangan memperlihatkan orang-orang masih tetap berkerumun berdesak-desakan seperti di pasar atau mal.

Pemerintah saat ini sudah mulai dan mau memberlakukan kehidupan new normal namun masih dengan aturan yang harus dipatuhi untuk menjaga agar penyebaran virus corona tidakĀ  meluas.

Nah, berikut tips aman bagaimana menjalani hidup new normal di masa pandemi corona, apa saja?

  1. Tetap Berada di Luar Ruangan

Para ahli secara konsisten memberikan saran bagi orang yang akan keluar rumah. Jika Anda bisa melakukan sesuatu di luar ruangan maka lakukanlah di luar ruangan. Hindari melakukan sesuatu di dalam ruangan.

Virus corona bisa menyebar lewat percikan yang mengambang di udara lalu mendarat di permukaan yang biasanya bisa tersentuh oleh tangan. Aktivitas di luar ruangan mencegah penyebaran virus semacam itu.

Yang terpenting adalah hindari berada di dalam ruangan yang membuat Anda bisa berdesakan dengan orang dalam jarak kurang dari 1,5-2 meter untuk waktu cukup lama.

Jadi jika Anda ingin bertemu teman, lakukan di luar ruangan dan jaga tetap jangan terlalu ramai. Kalau ingin makan di restoran pilih yang duduknya di luar ruangan. Kalau ingin lari, berolah raga, lakukan di lapangan, taman, jalan, ketimbang di gym, pusat kebugaran.

  1. Lakukan Praktik Hidup Bersih

Anda mungkin sudah mendengarnya jutaan kali, tapi memang layak diulangi yakni cuci tangan sesering mungkin dan jangan sentuh wajah. Jika Anda akan sering keluar rumah maka saran itu sangat penting.

Penelitian memperlihatkan virus bisa hidup cukup lama hingga beberapa jam bahkan hari di berbagai permukaan benda. Jika Anda menyentuh permukaan-permukaan itu lalu menyentuh wajah Anda maka Anda bisa tertular dengan masuknya virus dari mata, hidung, mulut.

Untuk soal cuci tangan, lakukan sesering mungkin baik itu sebelum, sedang, dan setelah dari luar rumah. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik dan jangan lupa bagian punggung tangan. Jika Anda tidak punya air maka hand sanitizer dengan alkohol 60 persen juga bisa.

  1. Pakai Masker

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyarankan pemakaian masker di tempat umum yang biasanya sulit untuk menjaga jarak aman, misal di toko swalayan, pasar.

Sejumlah ahli lain dan pemerintah mewajibkan pemakaian masker di mana pun ketika Anda di luar rumah di tengah pandemi ini.

Alasan utama adalah untuk mencegah penularan dari orang yang memakai masker kepada orang lain, dari orang yang positif tapi tanpa gejala kepada orang lain.

  1. Hindari Kerumunan

Jaga jarak aman 1,5 hingga 2 meter dari orang lain yang tidak tinggal bersama Anda. Makin dekat Anda dengan orang lain maka makin besar kemungkinan tertular dan sebaliknya.

Penelitian di Korea Selatan memperlihatkan 43,5 persen penularan terjadi di ruangan lantai 11 sebuah pusat informasi (call center). Meja-meja dan kursi yang rapat berperan besar dalam penularan.

Seorang yang berolah raga lari melintas dekat Anda bukanlah akhir segalanya. Tapi jika Anda berada kurang dari 1,5 meter dengan orang lain dalam waktu lama maka itu berbahaya.

  1. Hindari Berbagi Permukaan Benda

Jika virus corona menyebar lewat percikan yang mendarat di berbagai permukaan, maka cara untuk menghindarinya adalah tidak berbagi permukaan semaksimal mungkin.

Jika Anda di luar rumah, hindari menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang, seperti pegangan sesuatu, ayunan, seluncuran, kursi taman, atau setidaknya bersihkan dulu sebelum menyentuhnya. Kalau Anda harus memakai kendaraan umum atau masuk ke ruangan yang bukan rumah Anda maka hindari sebanyak mungkin menyentuh permukaan benda-benda.

Kalau Anda bertemu orang yang tidak tinggal bersama Anda, hindari pemakaian gelas, mainan, berbagi makanan atau benda lain yang dipakai bersama.

  1. Keluar Rumah Sekali untuk Kebutuhan dalam Waktu Lama

Kalau Anda harus keluar rumah karena bekerja atau membeli makanan atau karena sudah sangat bosan maka satu cara untuk meminimalkan risiko tertular adalah dengan keluar rumah sekali saja untuk kebutuhan dalam jangka waktu lama alias menyetok kebutuhan.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here