Presiden Jokowi dan anak-anak Papua
Presiden Jokowi dan anak-anak Papua

MINEWS.ID, JAKARTA – Bicara soal anak-anak, yang terbesit adalah sifatnya yang lucu, lugu dan polos. Di usianya, anak-anak memang selalu melakukan segala hal dengan sesukanya untuk mengeksplor bakat dan minat.

Meski begitu, di masa pertumbuhan anak-anak wajib dibekali tata krama yang bakal berguna di kemudian hari.

Tata krama merupakan sikap dan kata-kata yang mengandung nilai-nilai kesopanan dan kesantunan yang sangat berguna dalam kehidupan anak-anak tersebut saat harus bersosialisasi di masa dewasanya.

1. Berbicara
Sejak kecil orang tua pasti mengajarkan anak-anak untuk menggunakan kata yang sopan ketika berbicara kepada orang lain. Setidaknya tiga kata ini wajib diajarkan kepada anak-anak yaitu mengatakan “maaf” jika melakukan kesalahan, kata “tolong” ketika meminta pertolongan kepada orang lain, dan “terima kasih” setelah mendapatkan pertolongan.

2. Adab saat makan
Kita juga harus mengajarkan tata krama di atas meja makan kepada anak-anak. Mereka harus kita ingatkan tidak bersendawa, buang angin, bersuara ketika makan karena hal tersebut membuat orang lain yang berada satu meja dengan kita menjadi tidak nyaman.

3. Saat bertamu
Saat bertemu dengan orang lain juga ada tata kramanya, terutama saat kita bertamu. Anak-anak kita harus diajarkan bagaimana mengucapkan salam dengan sopan dan mengajarkannya agar tetap tenang selama bertamu.

4. Berpenampilan
Biasakanlah anak-anak kita berpakaian sopan, tertutup rapi demi kenyamanan diri sendiri dan orang lain. (Nita Khairani)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here