Ini Sederet Manfaat Memakai Kondom saat Bercinta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kondom terkadang menjadi sesuatu yang tabu dan selalu dihindari oleh masyarakat. Padahal, kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi dan sangat dianjurkan untuk digunakan saat berhubungan seks, karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Biasanya, pasangan enggan menggunanakan kondom saat bercinta karena malu atau mengurangi kenikmatan dalam berhubungan intim. Tapi, kondom memiliki banyak manfaatnya loh!

Berikut sederet manfaat penggunaan kondom bagi kesehatan.

  1. Mencegah Penularan Penyakit Menular

Penyakit seksual menular biasanya menjangkit orang-orang yang kerap berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi seperti kondom. Terkadang, meski berhubungan seks dengan pasangan kita sendiri, kita tak pernah tahu apakah dia bisa menularkan penyakit seksual atau tidak. Biar aman saat bercinta, ada baiknya kamu atau pasanganmu menggunakan kondom demi kesehatan bersama.

2. Mencegah Kehamilan yang Tidak Diinginkan

Penggunaan kondom setidaknya dapat mengurangi risiko kehamilan hingga 98 persen, jika digunakan dengan baik dan benar. Ini artinya, hanya 2 dari 100 orang yang mungkin hamil setelah berhubungan intim menggunakan kondom. Namun, jika pemasangan kurang sempurna, efektivitasnya turun menjadi 85 persen.

Dikutip dari Halodoc, kondom bahkan dapat membantu metode KB lainnya untuk bekerja lebih efektif. Tidak ada metode yang 100 persen efektif untuk mencegah kehamilan. Jadi, menambahkan kondom merupakan ide yang baik untuk memberi perlindungan ekstra.

3. Higienis

Salah satu alasan mengapa hubungan intim perlu menggunakan kondom adalah lebih sehat dan higienis. Manfaat penggunaan kondom membuat hubungan seks menjadi lebih bersih dan lebih aman loh.

Selain itu, menggunakan kondom berarti mencegah penularan penyakit seksual, seperti gonore, trichomoniasis, herpes sifilis, HIV dan lainnya.

4. Menjaga Ereksi

Selain untuk keamaan dan kebersihan saat bercinta, Penggunaan kondom juga bermanfaat bagi pria yang mengalami kesulitan ereksi atau disfungsi ereksi. Diketahui, dengan menggunakan kondom, ereksi pada pria bisa lebih lama dipertahankan.

5. Memperpanjang Durasi

Siapa bilang penggunaan kondom saat bercinta mengurangi kenimatannya. Justru, memakai kondom bisa memperpanjang durasi bercinta dengan pasangan loh! Menurut penelitian, kondom ternyata dapat membantu meningkatkan kualitas kehidupan seks kamu dan pasangan dengan memperpanjang durasi hubungan intim. Jadi gak cuma melindingi, tapi kondom juga bisa memberikan kenikmatan saat berhubungan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini