Ini Rekomendasi 5 Merek Sepeda Buatan Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tak usah minder jika ada orang pamer sepeda lipat Brompton. Selain harganya mahal banget, beli sepeda ini agak susah karena harus diimport langsung dari Inggris. Sepeda lipat yang populer karena diseludupkan oleh Direksi PT Garuda Indonesia di pesawat ini hanya dimiliki kalangan menengah ke atas.

Selain Brompton buatan Inggris, Taiwan juga mengklaim sebagai rajanya sepeda di dunia. Banyak merek sepeda ternama berasal dari negeri tersebut. Sebut saja Giant, KHS, Merida, dan Liv. Lagi-lagi harganya mahal. Harga sepeda impor bisa dua kali lipat dari harga aslinya, karena ongkos kirim dan pajak masuk yang lumayan tinggi.

Nah, sejumlah pabrikan lokal ternyata memproduksi sepeda-sepeda terbaik, yang juga dijual ke luar negeri, dan dipakai menjuarai perlombaan sepeda skala internasional. Pabrikan sepeda lokal juga memproduksi sepeda modern, dengan spesifikasi dan kualitas yang masih bisa bersaing, dan tentu saja dengan harga yang lebih murah. Mengutip sepeda.me, berikut nama-nama produk sepeda lokal

1. Polygon

Polygon merupakan merk sepeda terbaik di Indonesia. Sepeda ini sudah dieksport dan dipakai oleh para pembalap sepeda pro dalam kejuaraan dunia balap sepeda. Polygon atau PT Insera Sena (Industri Sepeda Surabaya) berdiri tahun 1989 dan dibuat di pabrik Buduran Sidoarjo. Rodalink merupakan jaringan penjualan sepeda Polygon terbesar, yang tersedia di toko online dan offline. Tidak hanya di Indonesia, Rodalink juga mempunyai branch di Singapura dan Malaysia.

Polygon mempunyai produk-produk yang lengkap untuk sepeda. Hampir semua jenis sepeda ada, mulai dari harga 1 jutaan sampai di atas 100 juta. Sepeda termahal Polygon adalah sepeda Downhill Xquarone EX9 yang harganya 102 juta. Kamu akan mendapatkan sepeda dengan kualitas yang terjamin, sebanding dengan harga yang dibayarkan.

Berikut beberapa sepeda terbaik Polygon:

Merk sepeda gunung Polygon: Siskiu, Xtrada, Xquareone, Collosus, Premier, Cleo, Monarch
Merk sepeda balap Polygon: Helios, Strattos, Divine
Merk sepeda gravel Polygon: Bend
Merk sepeda lipat Polygon: Urbano
Merk sepeda urban Polygon: Path, Sierra, Heist
Merk sepeda BMX Polygon: Razor, Rudge
Merk sepeda anak Polygon: Relic, Crosser, Rascal, Bad Badtzmaru, Alice, hello Kitty

2. United

Sepeda ini diproduksi PT Terang Dunia Internusa. United berdiri pada tahun 1991 di Desa Telajung Mudik kawasan Gunung Putri, yang kemudian menambah pabriknya di Kawasan Industri Beranta, Citeureup, Bogor. Pabrik sepeda ini bisa memproduksi sampai 1 juta unit per tahun. Sebagian untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan sebagian diekspor ke Eropa (Spanyol, Italia, Portugal) dengan merk United maupun CKD (Complete Knock-Down).

Belakangan United mulai banyak mengembangkan sepeda litrik, seperti E-Trifold, dan juga sepeda gravel yang modern: United Gavriil. Sepeda gunung United mungkin bukan yang paling murah, tetapi banyak diminati karena memakai komponen-komponen yang terupdate.

Berikut beberapa sepeda terbaik United:

Merk sepeda gunung United: Oxyde, Clovis, Epsilon, Kyross, Miami, Nucleus, Detroit
Merk sepeda balap United: Sterling, Stygma, Vitessa, Inertia
Merk sepeda lipat United: Trifold, Cora, Stylo, Black Horse, Pact, Roar
Merk sepeda urban United: Class X, Nebular, Callister, Pattaya
Merk sepeda BMX United: Ryker, Jumper, D’Based
Merk sepeda anak United: TMS, Aero, Pulse

3. Element

Sepeda Element terkenal dengan produk sepeda dengan merk yang beragam. Element yang dipoduksi oleh PT RMB yang memproduksi beberapa sepeda seperti Police, RMD, dan Alton. Selain itu Element juga mempunyai lisensi, dan berkolaborasi untuk memproduksi merk sepeda luar terbaik, seperti Camp, FoldX, Dahon, yang tidak hanya untuk pasar Indonesia.

Sepeda Element dibuat di Kendal-Jawa Tengah sejak 2016 sampai sekarang. Produk-produk sepeda Element banyak diminati karena memiliki tampilan yang menarik, harga yang bersaing, dan pemakaian teknologi modern, dan model yang terus berganti-ganti.

Berikut beberapa sepeda terbaik Element:

Merk sepeda gunung Element: Pandora, Kespor, Fenix, SPY, Alton
Merk sepeda balap Element: Camp, FRC
Merk sepeda lipat Element: Ecosmo, Pikes, Troy, FoldX
Merk sepeda anak Element: Marvel, Black Panther, Disney, Iron Man

4. Thrill

Diproduksi PT Indonesia Bike Works. Merek Thrill sama dengan Tabibitho, dan Adrenaline. Sudah berdiri sejak 2012 di Gresik – Jawa Timur dengan PT Biker Shop sebagai distributornya. PT. Indonesia Bike Works ini masih satu group dengan perusahaan/merk sepeda Wimcycle. Produk-produk lama sepeda Thrill diproduksi oleh WIncycle dengan nama Thrill Agent, yang akhirnya menjadi merk sendiri.

Tabibitho diperuntukan untuk sepeda harga murah (sekitar Rp 3 juta ke bawah), memproduksi sepeda BMX, MTB, sepeda kota, dan sepeda lipat. Sedangkan Thrill memproduksi sepeda menengah ke atas, untuk hampir untuk semua segment sepeda kecuali sepeda lipat. Harga sepeda merk Thrill berkisar dari 2.5 sampai 30 juta. Produk sepeda Thrill yang paling mahal adalah Thrill Ricochet T160 AL Pro 27.5″ seharga 30 juta. Thrill lebih banyak mengeluarkan edisi sepeda gunung, termasuk frameset sepeda gunung yang bisa kita rakit dengan komponen kita sendiri.

Berikut beberapa sepeda terbaik Thrill:

Merk sepeda gunung Thrill: Ricochet, Ravage, Cleave, Fervent, Vanquish, Oust, Wreak
Merk sepeda balap Thrill: Ardent, Entral
Merk sepeda urban Thrill: Volare
Merk sepeda BMX Thrill: Fiery
Merk sepeda anak Thrill: Balance Bike

5. Wimcycle

Wimcycle termasuk merk sepeda yang cukup tua di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1970an di Surabaya Jawa Timur. Bersama Polygon dan United, pernah menguasai 90 persen pasaran sepeda Indonesia.

Awalnya hanya meproduksi spare part sepeda, yang juga dieksport ke luar negeri untuk merk-merk Lokie, Sparta, Mongoose, Kawasaki, Schwinn. Sampai akhirnya PT Wijaya Indonesia Makmur memutuskan untuk membuat sepeda sendiri di Desa Bambe Driyorejo Industrial Estate dan menggunakan merek Wimcycle. Heebooh, slogan Wimcycle yang pasti tidak asing bagi masyarakat Indonesia tentang sepeda. Merk Wimcycle masuk ke semua kalangan, terutama sepeda anak-anak. Sekarang ini, WImcycle tidak/belum lagi memproduksi sepeda gunung, sepeda fat bike, sepeda fixie, sepeda balap, tetapi hanya membuat sepeda BMX, sepeda lipat dan sepeda anak.

Berikut beberapa sepeda terbaik Wimcycle:

Merk sepeda gunung Wimcycle: Hotrod, Fatman, Blade
Merk sepeda lipat Wimcycle: Pocket Rocket
Merk sepeda urban Wimcycle: Fixie
Merk sepeda BMX Wimcycle: Trasher, Fatman
Merk sepeda anak Wimcycle: Batman, Princess, Minion, Hotwheel

Reporter: Nabilla Octavia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini