Ini Plus Minus dari iPhone dan Smartphone yang Wajib Kamu Tau

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – iPhone dan smartphone kini menjadi pesaing tetap dalam dunia ponsel. iPhone menggunakan sistem operasi iOS. Sementara smartphone menggunakan android. Keduanya memiliki plus dan minus masing-masing. Berikut ulasan lengkapnya :

Soal berbagi data
Buat para pengguna iPhone, mungkin menjadi masalah saat hendak berbagi data. Soalnya, untuk mengirim atau menerima data seperti lagu, Kamu harus memindahkannya lewat iTunes.

Selain itu, iPhone juga cukup ribet dalam penggunaan Bluetooth. iPhone hanya akan mentransfer data lewat Bluetooth untuk sesama pengguna iPhone. Bagusnya, hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko penyebaran virus yang tidak sengaja terbawa masuk oleh file yang ditransfer.

Sementara android yang memiliki kebebasan dalam urusan berbagi data. Android bisa menerima atau mengirim data tanpa perlu repot layaknya pengguna iPhone. Selama ada kabel data, semuanya beres. Meski begitu, kebebasan itu membuat Android lebih rentan terjangkit virus, malware, atau hal-hal lain yang bersifat merusak, baik merusak data maupun sistem dari OS tersebut.

Soal modifikasi tampilan
iPhone merupakan produk yang eksklusif. Saking eksklusifnya, pengguna tidak bisa mengubah tampilan home screen, mulai dari logo, tema, sampai transisi di tiap slide-nya. Pengguna iPhone hanya bisa mengganti wallpaper layarnya. Pun kalau bosan dengan tampilan standar iPhone yang begitu-begitu saja, Pengguna bisa melakukan jailbreak. Tentu saja dengan segala konsekuensi yang harus terima, seperti hilangnya garansi.

Sementara untuk pengguna Android bisa mengubah apa pun yang mereka mau, bahkan sampai tema smartphone. Cara mengubahnya juga cukup mudah. Pengguna hanya cukup mengunduh aplikasi-aplikasi yang tersedia di Google Play sesuai dengan ketertarikan.

Soal kapasitas memori
Sejak dulu, iPhone punya kapasitas penyimpanan yang terbatas dan sudah ditentukan sejak awal. Sejak masa-masa memori 8 GB, 16 GB, sampai sekarang tersedia memori 256 GB di iPhone X. Makin tinggi kapasitas memorinya, tentu saja harga iPhone terus bertambah mahal.

Untuk pengguna yang suka main game atau membuat foto dan video, memilih iPhone dengan kapasitas penyimpanan besar adalah hal yang wajib dilakukan. Soalnya, iPhone tidak menyediakan memori eksternal untuk perangkatnya.

Berbeda dengan Android. Meski smartphone Android umumnya sudah menawarkan kapasitas memori yang tidak kalah besar, pengguna masih bisa menambah memorinya dengan memasukkan kartu memori eksternal sebagai tambahan.

Soal aplikasi
Produk besutan Apple memang terkenal lebih eksklusif dibandingkan dengan Android. Selain dari proses transfer data, para pengguna iPhone juga biasanya punya “kemewahan” tersendiri dalam beberapa aplikasi yang beredar di pasaran.

Contohnya ada banyak aplikasi eksklusif yang hanya hadir di iOS dan tidak bisa ditemui di Android. Hal inilah yang kadang membuat pengguna iPhone bisa sedikit pamer terhadap para pengguna Android.

Reporter Magang: Rifky Pryambudi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini