Ini Musim dan Waktu yang Pas Bermain Layang–Layang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia, permainan layang-layang pun kembali digemari oleh berbagai kalangan.

Nah, waktu dan tempat apa yang pas kalau kalian ingin main layang-layang?

Sebaiknya bermain layang-layang di saat musim kemarau. Waktu yang pas adalah pukul 15.00 saat Matahari sudah mulai mengurangi teriknya. Tak hanya itu angin di musim kemarau biasanya lebih kencang dibandingkan saat musim hujan. Hal ini memudahkan layangan terbang di udara. Kecepatan angin di beberapa wilayah di Indonesia memang beragam. Di daerah pantai biasanya angin bertiup cukup kencang. Banyak sekali orang-orang bermain layang-layang di kawasan ini. Hal ini berbeda jika di daerah perbukitan.

Tempat bermain layang-layang yang paling pas adalah pesawahan atau lapangan luas. Hal ini bertujuan untuk memudahkan layangan terbang dan tidak menggangu pejalan kaki maupun kendaraan umum.

Menganggu Ruang Udara

Masalah memainkan layangan ini pernah menjadi keluhan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto.

Ia mengancam dan akan menindak tegas masyarakat yang bermain layang-layang di sekitar Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan atau KKOP. Hal ini terjadi pada kasus pesawat PT Citilink Indonesia.

Pilot Citilink Indonesia melaporkan adanya layang-layang yang tersangkut di roda pesawat. Kejadian itu menimpa armada Citilink berjenis ATR 72-600 dengan nomor penerbangan QG-1107 rute Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada 23 Oktober pukul 16.47 WIB.

Imbas kejadian tersebut, menurut Novie, membuat Kementerian Perhubungan bersama lembaga navigasi Airnav Indonesia, operator bandara, dan seluruh stakeholder penerbangan mengeluarkan aturan melarang aktivitas di kawasan KKOP. Kegiatannya di KKOP pun harus atas izin Kementerian Perhubungan.

Menurut Novie, KKOP meliputi wilayah daratan maupun perairan. Serta ruang udara untuk kegiatan operasi penerbangan. Novie mengakui, belakangan ini pihaknya memang kerap memperoleh laporan dari pilot terkait banyaknya layang-layang yang terbang di sekitar bandara.

Kondisi tersebut, kata dia, bisa membahayakan keselamatan penerbangan. “Karena apabila pesawat menabrak atau tertabrak layangan dan masuk ke mesin pesawat, ini dapat merusak komponen pesawat atau layangan tersebut bisa menghalangi take-off ataupun landing pesawat,” ujarnya.

Jadi, tak mudah bermain layang-layang?

Reporter : Muhammad Rizki Hidayat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini