Ini Mobil Listrik Pertama yang Mengaspal di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Indonesia bisa di bilang telat dalam mengikuti perkembangan teknologi mobil listrik. Baru pada tahun 2013 Indonesia memproduksi mobil listrik yang diberi nama Tucuxi. Mobil itu adalah hasil kerja sama Menteri BUMN dengan designer mobil asal Pacitan Danet Suryatama.

Namun mobil listrik itu tidak diproduksi secara massal karena mengalami kendala saat dilakukan uji coba. Indonesia memang belum bisa menciptakan mobil listrik secara massal, namun perusahaan automotif asal Jepang Mitsubishi Motors, telah menciptakan mobil listrik yang diberi nama Sayonara Mitsubishi i-MiEV.

Mobil listrik itu termasuk salah satu mobil listrik pertama yang diproduksi secara massal. Masuk diproduksi dan dipasarkan ke dunia pada tahun 2009, Sayonara Mitsubishi i-MiEV, di bandrol dengan harga 40.000-50.000 US dolar.

i-MiEV menjadi mobil listrik pertama di Indonesia dengan kelengkapan surat-surat. Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Jakarta menyebut Mitsubishi i-MiEV masuk kategori kendaraan bahan bakar dan silinder listrik 658 cc.

Data tersebut juga mengungkap status pajak dari keduanya masih berlaku, yakni senilai Rp 12,453 juta sedangkan nilai jual Rp 593 juta. Selain i-MiEV berikut mobil-mobil listrik yang sudah ada di Indonesia;

  1. Tesla Model 3
  2. BMW i3
  3. Hyundai Ionic
  4. Nissan Kicks e – Power
  5. Tesla Model S

 

Reporter: Viery Andhika Ramadian

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini