Ini Makanan Pencegah PCOS, Penyakit Kelainan Hormon yang Viral di Sosmed

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Jagat maya tengah dihebohkan seorang gadis yang curhat di akun TikToknya. Ia bercerita bahwa dirinya tak mengalami menstruasi selama 10 bulan.

Gadis tersebut pun mengaku sudah memeriksakan kondisinya ke dokter. Rupanya, ia mengalami Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) masalah kesehatan kelainan hormon. Sebenarnya hal ini umum dialami wanita terutama mereka yang masih dalam usia reproduktif atau di usia subur. Hanya saja dalam beberapa kasus, penyakit ini menyebabkan periode menstruasi yang kacau balau.

Melansir berbagai sumber, wanita yang didiagnosis mengalami PCOS akan mengalami masa menstruasi atau haid yang sangat jarang. Bahkan, sampai seperti yang dialami wanita di media sosial itu yang periode haidnya sampai 10 bulan.

Meski begitu, PCOS dapat dicegah dan diatasi oleh beberapa tindakan. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang sehat.

Dikutip dari CCRM Fertility, berikut adalah jenis makanan yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah penyakiy PCOS.

1. Serat

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi mampu mengatasi pasien yang mengalami PCOS. Asupan serat dapat membantu menurunkan kadar insulin dan berfungsi sebagai agen antioksidan yang melawan peradangan.

Kamu bisa menemukan kandungan serat yang tinggi di biji-bijian, beras merah, gandum, yoghurt hingga buncis. Olah bahan-bahan tersebut dan jadikan asupan yang sehat sehari-hari.

2. Makanan Kaya Antioksidan

PCOS memicu peradangan pada tubuh. Peningkatan sinyal peradangan dapat meningkatkan insulin dan berkontribusi pada memburuknya gejala PCOS.

Maka, makanan yang tepat untuk mencegah parahnya penyakit ini adalah asupan yang kaya antioksidan. Makanan yang kaya antioksidan buah, sayur, biji-bijian, dan lemak tak jenuh.

3. Makanan dengan Kandungan Vitamin D

Memperbanyak asupan vitamin D dapat meringankan gejala PCOS. Untuk itu, mengonsumsi makanan dengan vitamin D yang tinggi sangat dianjurkan.

Vitamin D bisa didapatkan dari berbagai makanan seperti keju, salmon, jamur, udang dan sereal. Kamu bisa mengonsumsi asupan tersebut selang-seling sesuai kebutuhan.

4. Makanan Omega 3

Omega 3 dikenal sebagai asam lemak yang memiliki manfaat terutama sebagai zat gizi anti peradangan. Selain itu, ternyata omega 3 memiliki manfaat yang baik untuk menangani masalah PCOS.

Makanan yang mengandung omega 3 ialah minyak ikan, telur ikan, kacang walnut dan sayur bayam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini