Ini Kumpulan Doa Jika Naik Pesawat Terbang

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA– Apakah kamu tahu doa sebelum dan sesudah naik pesawat terbang?

Alangkah baiknya kita sebagai umat manusia sebelum melakukan hal apapun atau perjalanan udara, laut dan darat berdoa terlebih dahulu. Memilih moda transportasi udara langkah yang tepat untuk cepat sampai tujuan.

Sebelum pesawat lepas landas (take off) perlu bagi kita untuk berdoa. Tujuannya meminta pertolongan kepada Tuhan agar dijauhkan dari bahaya dan selamat sepanjang dalam pesawat.

Dengan memohon doa dan memanjatkan doa kepada Tuhan kita, setidaknya kita telah meminta kepada Tuhan agar selalu dalam perlindungannya. Sehingga Tuhan melindungi di mana pun kita berada.

Dengan adanya peristiwa jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182, kita diingatkan kembali untuk selalu berdoa jika hendak melakukan sesuatu. Doa sangat penting bagi umat manusia di seluruh dunia. Berikut kumpulan doa jika hendak naik pesawat hingga sampai tujuan, antara lain:

Doa ketika naik pesawat :

اللهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal’ al maa tardho wa athwi ‘annaa bu’dahu, allahumma antas shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli. ”

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah-lah kami kembali. Ya Allah, sebenarnya kami memohon dan Takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridai Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam perjalanan dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari dalam transportasi, pemandangan yang kurang dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

Doa menghilangkan kecemasan selama berada di dalam pesawat:

أَللّٰهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْرِّجَالِ

Allahumma Inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dhola’id daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih serta duka cita atau pun kecemasan, dari rasa lemah serta kelemahan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Doa ketika selamat sampai tujuan:

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

Alhamdu lillaahil-ladzii sallamanii wal-ladzii aawaanii wal-ladzii jama’asy-syamla bii.

Artinya : “Segala puji milik Allah yang telah menyelamatkanku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.”

Nah, itulah kumpulan doa menurut ajaran agama islam yang membantu mengurasi rasa kekhawatiran saat melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.

Reporter: Azizah Putri Octavina

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini