Ini Kesalahan Mandi Air Hangat yang Berdampak Buruk bagi Kesehatan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa di sini yang hobi mandi air hangat? Memang nikmat rasanya mandi menggunakan air hangat terutama saat suhu udara sedang dingin.

Biasanya, masyarakat memilih mandi dengan air hangat saat pulang larut malam, sedang kurang sehat atau ketika badan terasa pegal. Mandi air hangat memang memberikan efek menenangkan dan juga membuat tubuh kita terasa lebih relaks.

Namun, perlu kamu perhatikan bahwa mandi air hangat gak bisa asal-asalan loh. Sebab, ada beberapa hal saat mandi air hangat yang jika tidak diperhatikan bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Apa aja sih? Yuk simak!

1. Suhu Air Terlalu Panas

Penting diperhatikan suhu air saat hendak mandi air hangat ya. Ingat, kamu akan mandi air hangat, bukan dengan air panas.

Jadi, pastikan temperatur air yang akan kamu pakai mandi sudah hangat. Sebab, jika air terlalu panas bisa meninggalkan ruam pada kulit, rasa gatal, dan kulit pun menjadi kering.

Selain itu, air yang terlalu hangat mendekati panas bisa mengurangi kelembapan alami kulit.

2. Terlalu Sering

Karena mandi air hangat sangat nikmat dan membuat tubuh relaks, kamu jadi ketagihan dan jadi melakukannya setiap hari. Padahal, aktivitas tersebut tidak baik kamu lakukan sering-sering loh.

Dikutip dari Halodoc, jika terlalu sering mandi dengan air hangat, bisa menurunkan tekananan darah dalam tubuh. Kalau tekanan darah turun terlalu drastis, jantung terpaksa harus bekerja memompa darah lebih kuat dan lebih keras. Hal tersebut otomatis menyebabkan kepala menjadi pusing dan berputar, bahkan kehilangan kesadaran.

3. Terlalu Lama

Nah, selain gak boleh terlalu sering, mandi air hangat juga jangan terlalu lama ya. Sebab, terlalu lama terkena pancuran atau berendam air hangat bisa mengurangi minyak alami pada kulit, sehingga kulit bisa jadi lebih kering.

Jika kondisi kulit menjadi lebih kering, bisa meningkatkan risiko ruam, gatal dan infeksi pada kulit kamu.

4. Tidak Membilasnya dengan Air Dingin

Nampaknya, masih banyak masyarakat yang tidak membilas tubuhnya lagi dengan air dingin usai mandi air hangat. Nah, hal tersebut merupakan kesalahan ya.

Sangat dianjurkan setelah kamu mandi air hangat, bilaslah lagi tubuhmu dengan air dingin. Karena, air dingin bisa membantu merangsang sirkulasi dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, air dingin juga dapat menurunkan detak jantung yang berlebih.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini