Musim semi datang, bunga sakura bermekaran di Jepang. (China Daily)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memelihara tanaman hias kini tengah menjadi kegemaran bagi sebagian warga Indonesia semasa pandemi Covid19. Sebagian warga memilih menyibukan dirinya untuk merawat bunga karena dapat menghilangkan bosan dan jenuh selama berada di rumah.

Ada beberapa jenis tanaman hias tercantik yang perlu Kamu ketahui, di antaranya :

1. Bunga Jade Vine

jade vine
Bunga Jade Vine. (wikipedia)

Tanaman asing yang satu ini memang sangat cantik dan langka, karena hanya tumbuh di hutan hujan tropis Filipina. Tanaman jenis ini memiliki cakar yang menggantung dari cabang pohonnya dan biasanya memiliki warna hijau kebiruan. Uniknya memiliki panjang hingga tiga meter.

2. Mawar

Mawar pink ini melambangkan kebahagiaan dan keromantisan yang penuh kelembutan. Banyak digunakan untuk dekorasi acara pernikahan. (Foto: MINEWS/Laila)

Siapa yang tidak tahu dengan jenis tanaman yang satu ini, mawar atau sering disebut kembang ros ini mempunyai daya tarik tersendiri karena menjadi lambang cinta dan kecantikan. Ada beberapa jenis mawar yang tumbuh di Indonesia, seperti Mawar Talitha, Mawar Putri, dan Mawar Pertiwi.

3. Sakura

Bunga Sakura bermekaran di Jepang. (Foto: Istimewa)

Bunga musim semi yang identik dengan negara Jepang ini menjadi salah satu bunga tercantik di dunia. Waktu mekarnya bisa dibilang sangat singkat, yaitu hanya 1 sampai 2 minggu. Di Jepang, mereka yang merusak tanaman cantik ini bisa dipenjara.

4. Tulip

Bunga tulip biasa digunakan sebagai permohonan maaf dan rasa kepedulian serta persahabatan. Secara umum bungan ini melambangkan cinta yang sempurna. (Foto: MINEWS/Laila)

Bunga yang tidak kalah cantik ini bentuknya menyerupai cangkir dan sangat unik karena setiap tangkainya hanya menghasilkan satu bunga. Bunga yang identik dengan negara penjajah Belanda itu memiliki variasi warna yang cantik dan beragam, mulai dari merah, pink, kuning, putih, oranye, dan ungu.

5. Bunga Matahari

Bunga matahari yang selalu menghadap ke arah matahari membuatnya diartikan sebagai simbol ketulusan dan kesetiaan. (Foto: MINEWS/Laila)

Bunga cantik yang tumbuh menghadap matahari ini mengandung makna kesetiaan. Tanaman ini juga terkenal karena bijinya bisa diolah menjadi kuaci.

6. Lavender

Lavender
Pertanian Lavender. (satujam.com)

Bunga lavender menjadi salah satu bunga tercantik di dunia. Selain karena keindahannya, bunga ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di dalam rumah karena memiliki fungsi mengusir nyamuk dan sebagai pengharum alami agar memberikan efek relaksasi pada tubuh.

7. Melati

Bunga-melati
Bunga melati. (worldofghibli.com)

Bunga yang sangat harum semerbak ini memiliki makna kesucian dan keanggunan dalam kesederhanaan, bunga ini juga dijadikan sebagai bunga nasional di Indonesia. (Reporter: Nour Aidel Pitri)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here