MATA INDONESIA, JAKARTA – Umat Muslim hari ini, Senin, 6 Mei 2019 telah memulai ibadah puasa Ramadan pertama. Memasuki bulan suci ini, ada banyak variasi menu hidangan buka puasa yang bisa dinikmati dan dibuat sendiri di rumah (home made).

Berikut ini ada lima macam es yang bisa Anda buat dengan mudah di rumah untuk menu berbuka puasa:

1. Es Kelapa Muda/Es Degan

Ramadan tak lengkap tanpa es kelapa. Selain rasanya yang segar, kandungan air kelapa muda mengandung sumber elektrolit alami yang berfungsi untuk mengatasi dehidrasi tubuh setelah kita menjalani seharian puasa.

Bahan-bahan yang diperlukan, antara lain: daging kelapa muda yang sudah dikerok sebanyak 250 gram, air kelapa muda segar 400 ml, gula merah atau gula jawa 90-110 gram, air panas secukupnya untuk melarutkan gula merahnya, bahan tambahan lain seperti biji selasih, kolang kaling atau rumput laut bisa turut dimasukkan.

2. Es Doger

Es Doger adalah jajanan es yang sering ditemui di Bandung, Jawa Barat. Sebenarnya,nama  es yang berasal dari Cirebon ini merupakan singkatan dari kata “dorong gerobak”. 

Kamu bisa membuatnya di rumah dengan menyiapkan berbagai bahannya, mulai dari 200 ml santan cair, 150 gram gula pasir, 1 sdm pewarna makanan merah. Dengan bahan isian: 75 gram tape ketan hitam, 50 gram tape singkong, 50 gram daging kelapa, dan susu kental manis secukupnya.

3. Es Campur

Es campur salah satu minuman khas Indonesia.  Kalau dilihat dari bentuknya, minuman segar ini hampir mirip sekali dengan resep es buah biasa, tetapi ada beberapa penambahan bahan yang membedakannya.

Cara membuatannya cukup sederhana dan mudah karena tinggal mencampurkan bahan bahan es campur yang sudah dipersiapkan seperti cincau hitam, kolang-kaling, buah nangka, melon, dan campur dengan sirup manis dan batu es.

4. Es Kopyor

Es kopyor tentu berbeda dengan es kelapa muda. Es yang terbuat dari buah kelapa yang punya kelainan genetik ini memiliki daging yang empuk atau terlepas dari tempurungnya dengan jumlah air kelapa yang sedikit.

Caranya adalah dengan membuat agar-agar tanpa rasa dan campurkan dengan santan. Setelah agar-agar padat lalu potong sesuai selera. Siapkan air yang dicampur sirup cocopandan. Campurkan agar-agar dan sirup cocopandan, tambahkan es batu lalu es kopyor siap disajikan untuk hidangan buka puasa.

5. Es Timun Suri

Timun suri, tentu tak asing lagi bagi pecinta buah. Buah yang hanya nongol saat Ramadhan ini, bisa menjadi menu buka puasa juga, lho, karena tekstur dagingnya yang halus dan manis seperti melon.

Kamu bisa membuat Cocktail Timun Suri dengan mencampur Timun suri yang diserut halus dengan mangga Indramayu. Tambahkan agar-agar/jelly, sirup, es batu dan air secukupnya. (Yurike)