Ini Deretan Makanan untuk Redakan Perut Kembung

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Bagi kebanyakan orang mungkin minum obat lebih baik, saat perut lagi kembung. Namun sebenarnya ada cara alamiah yang bisa dilakukan untuk meredakan perut kembung.

Melansir laman Medical News Today, kembung sering disebabkan oleh gas, gangguan pencernaan, dan sembelit. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah mengonsumsi banyak buah dan sayuran. Berikut deretan makanan yang harus dikonsumsi saat perut merasa kembung yakni :

Pisang
Pisang merupakan sumber serat yang baik. Pisang mengandung potasium yang dapat membantu mengatur kadar natrium dan mencegah retensi air. Sebuah studi kecil pada 2011menunjukkan bahwa pisang dapat dikaitkan dengan lebih sedikit kembung.

Wanita yang makan pisang dua kali sehari memiliki kembung yang lebih sedikit daripada mereka yang tidak. Hasilnya menunjukkan makan pisang setiap hari dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan.

Jeruk

Jeruk adalah sumber serat dan air yang baik, yang dapat membantu mencegah retensi air dan melancarkan buang air besar secara teratur. Mereka juga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kesehatan komunitas bakteri di usus.

Pepaya

Sebuah studi pada 2013 menyatakan bahwa pepaya terkadang digunakan sebagai obat rumahan untuk keluhan pencernaan. Studi 40 hari membandingkan efek mengonsumsi suplemen pepaya dengan efek yang mengonsumsi plasebo. Ini menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi pepaya memiliki sedikit sembelit dan kembung.

Nanas

Selain mengandung 1,4 gram serat per porsi, nanas mengandung enzim yang disebut bromelain. Enzim ini sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati keluhan pencernaan meskipun sedikit penelitian telah dilakukan tentang kemanjurannya.

Satu studi pada 2010 menemukan bahwa jus nanas mengurangi peradangan pada tikus dengan penyakit radang usus. Karena hasil yang menggembirakan, penulis merekomendasikan uji klinis untuk menentukan apakah itu memiliki efek yang sama pada manusia.

Tomat

Tomat mengandung prebiotik, komponen makanan yang tidak dapat dicerna yang mendorong pertumbuhan bakteri usus yang sehat. Prebiotik dalam tomat bermanfaat bagi orang yang memiliki penyakit Crohn, malabsorpsi, dan beberapa kondisi terkait kembung lainnya.

Brokoli

Brokoli, yang juga tinggi serat, juga dapat mengurangi kembung dengan meningkatkan kesehatan usus. Sebuah studi pada 2017 terhadap tikus menunjukkan bahwa tikus dengan diet yang ditambah brokoli mentoleransi masalah pencernaan lebih baik dibandingkan tikus yang tidak makan brokoli.

Sayuran tersebut mengandung bahan kimia yang dapat membantu menjaga kesehatan komunitas bakteri di usus. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk memahami efek penuh brokoli.

Wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang penting untuk menjaga homeostasis di usus. Penelitian juga menunjukkan bahwa sumber makanan vitamin A meningkatkan jenis bakteri menguntungkan di usus.

Seledri

Sebuah studi pada 2017 melaporkan bahwa seledri kaya akan apigenin, flavonoid yang secara alami terdapat pada tanaman. Penelitian menunjukkan bahwa seledri dapat meningkatkan pertumbuhan dan keragaman bakteri usus, yang dapat meningkatkan pencernaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini