Ini Daftar Aplikasi Belajar Online dari Rumah Selama PSBB Jakarta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebijakan PSBB yang diterapkan oleh Pemerintah DKI Jakarta tentu akan ikut berpengaruh terhadap aktivitas belajar mengajar di sekolah. Dengan demikian, siswa masih harus belajar secara online dari rumah.

Namun, tak perlu cemas berikut ini ada daftar aplikasi belajar online yang bisa membantu anak-anak belajar dari rumah :

1. Rumah Belajar

Rumah Belajar adalah portal belajar online milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bisa diakses lewat aplikasi Android. Aplikasi ini menawarkan fitur-fitur seperti Sumber Belajar, Kelas Maya, Laboratorium Maya, Peta Budaya dan lain-lain yang bisa diakses guru dan murid.

2. Google Classroom

Google Classroom adalah layanan yang memudahkan guru dan murid untuk berkomunikasi. Aplikasi ini bisa memudahkan guru untuk membuat tugas dan mengumpulkannya, jadi guru bisa melihat siapa yang sudah mengumpulkan tugas dan belum, serta memberi masukan secara real-time.

3. Quipper

Quipper adalah platform e-learning untuk guru dan siswa di jenjang SMP dan SMA. Platform ini memiliki empat layanan utama yaitu Quipper School, Quipper Video, Quipper Video Masterclass, dan Quipper Campus.

Fitur Quipper School bisa digunakan guru untuk membuat, mengelola dan mendistribusikan tugas sekolah. Sementara siswa bisa belajar mandiri menggunakan Quipper Video, atau jika ingin mengikuti bimbingan interaktif bisa mengakses Quipper Video Masterclass.

4. Zenius

Zenius menyediakan layanan belajar mandiri secara gratis dengan puluhan ribu video materi pelajaran serta ratusan ribu soal berserta video pembahasan yang dapat diunduh untuk SD, SMP, SMA dan SMK yang disesuaikan dengan kurikulum KTSP, kurikulum 2013, dan kurikulum 2013 revisi.

Pengguna Zenius dapat mengakses mata pelajaran, mencoba tes Tryout, atau Ujian Mandiri, serta memperoleh tips belajar. Selain diakses gratis, mayoritas video pembelajaran daring dihadirkan dalam format whiteboard yang memerlukan kuota internet hemat.

5. Udemy

Untuk mahasiswa yang bosan belajar online lalu ingin mengembangkan hobi atau mencari minat baru, aplikasi Udemy bisa dilirik. Aplikasi ini memiliki lebih dari 2.000 topik kursus online yang ditujukan untuk mengembangkan diri, mulai dari belajar musik, fotografi, hingga yang lebih teknis seperti web dan game development.

6. Kipin School 4.0

Kipin School ialah sebuah aplikasi yang dibuat untuk siswa tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, berisi pustaka pembelajaran lengkap & sistem ujian yang ditujukan untuk sekolah-sekolah di Indonesia sebagai sarana belajar online dan berlatih dalam satu paket.

Aplikasi ‘Kipin School 4.0’ dapat digunakan untuk mendownload beragam materi pelajaran seperti 2500+ Buku Pelajaran Sekolah (terbitan Kemdikbud), 1500+ Video Pendidikan, 25.000+ Soal Latihan Tryout dan 200+ Komik Literasi untuk seluruh tingkat SD, SMP, SMA & SMK yang sangat dibutuhkan oleh semua sekolah dan siswa diseluruh Indonesia.

7. Bahaso

Aplikasi-aplikasi di atas bisa digunakan untuk kegiatan belajar dan sekolah sehari-hari. Jika anak butuh pelajaran tambahan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris, bisa menggunakan aplikasi Bahaso.

Anak bisa mempelajari kosakata, menulis, membaca, berbicara dan tata bahasa agar lebih mahir berbahasa Inggris. Saat ini aplikasi Bahaso baru tersedia di Google Play Store.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini