Buah Naga
Buah Naga

MATAINDONESIA, JAKARTA – Di masa pandemi seperti sekarang kesehatan tubuh merupakan hal yang utama. Oleh karenanya, tak sedikit orang yang rela merogoh kantong lebih dalam untuk membeli berbagai suplemen kesehatan. Ini dilakukan agar tubuh senantiasa sehat dan memiliki imun yang kuat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Karena mahalnya harga suplemen, banyak orang yang mulai menggantinya dengan bahan yang ada di sekitar. Tentunya yang mudah dicari dan harganya relatif lebih murah. Mulai dari sayur, buah, hingga jamu.

Buah bisa menjadi alternatif sebagai pengganti suplemen. Karena beberapa kandungan buah memiliki khasiat yang sama dengan suplemen, lho. Buah apa saja sih yang cocok dijadikan sebagai pengganti suplemen? Yuk, cek daftarnya di bawah!

1. Jeruk

Buah berbentuk bulat ini kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada sel-sel tubuh. Selain itu jeruk juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari tanda-tanda penuaan. Terdapat kandungan fiber pectin dalam jeruk yang mampu mengontrol kadar kolesterol darah dan anti-inflamasi yang dapat mengurangi rasa nyeri.

2. Apel

Apel mengandung kalium dan fitokimia yang dapat meningkatkan imun tubuh. Senyawa flavonoid quercetin juga terkandung dalam buah ini. Kandungan senyawa ini mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti kanker dan alzheimer.

3. Pisang

Pisang diperkaya dengan kalium dan vitamin c yang dapat mengangkut oksigen untuk merevitalisasi kulit. Serta kandungan kalium dan vitamin b yang mampu menjaga kesehatan jantung dan membantu fungsi ginjal.

4. Mangga

Buah dengan nama latin Mangifera indica kaya akan karotenoid, vitamin c dan vitamin e. Karotenoid berfungsi sebagai pencegah kanker yang baik, sedangkan vitamin c dan vitamin e bekerja sebagai antioksidan. Bahkan, kandungan vitamin a pada mangga lebih tinggi daripada wortel.

5. Buah Naga

Buah dengan penampilan yang nyentrik ini memiliki dua varian warna untuk dagingnya, ada yang ungu kemerah-merahan dan putih. Banyak khasiat yang dihasilkan oleh buah naga seperti mampu menurunkan kolesterol, menyeimbangkan kadar gula darah, mencegah kanker, mengobati sembelit, hingga menghaluskan kulit.

Nah, itu dia buah-buahan pengganti suplemen yang dapat dicoba. Selain mengkonsumsi buah-buahan kita juga harus rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat agar daya imun tubuh tidak menurun.

Reporter: Diani Ratna Utami

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here