MATA INDONESIA, JAKARTA – Permainan bola basket menjadi hal yang disukai mereka yang berusia muda maupun tua, laki-laki maupun perempuan. Permainan bola basket cukup menantang bagi mereka yang menyukai olahraga ini.

Permainan ini sering disebut juga olahraga berkelompok. Basket adalah salah satu cabang olahraga bola yang dimainkan dua tim. Setiap tim terdiri dari 5 pemain. Jadi, butuh 10 orang pemain untuk main basket.

Dalam permainan bola basket memiliki beberapa teknik. Semua teknik ini relatif mudah dipelajari dan menjadi inti dari permainan bola basket.
Berikut beberapa teknik dasar main basket:

1. Teknik Memegang Bola Basket
Teknik ini merupakan yang paling dasar, karena dalam bermain bola basket harus mengetahui cara memegang bola yang benar. Teknik ini berguna agar bola tidak mudah lepas dari tangan selama permainan berlangsung.

Pertama, sikap awal tangan harus membentuk sebuah mangkuk besar, bola harus berada di antara kedua telapak tangan, telapak tangan melekat di samping bola dan sedikit ke belakang.

Pastikan jari-jari tangan melekat dengan memberikan jarak antar jari, lalu letakkan ibu jari pada bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan.

2. Teknik Mengoper Bola Basket
Teknik ini disebut passing. Harus dikuasai agar kerja sama dalam tim dapat berjalan dengan lancar, passing dapat dilakukan dengan satu maupun dua tangan.

Terdapat beberapa teknik passing yang berbeda, yaitu:
– Chest Pass
– Bounce Pass
– Overhead Pass
– Back Pass
– Under Pass

3. Teknik Menangkap Bola Basket
Setelah belajar mengoper bola, teknik yang harus dikuasai selanjutnya adalah teknik menangkap bola. Saat ingin menangkap bola, harus fokus dan pastikan bola berada pada telapak tangan sambil merentangkan jari-jari tangan kalian. Menangkap bola juga dapat dilakukan di atas kepala dan di depan dada.

4. Teknik Menggiring Bola Basket
Teknik menggiring bola atau dribbling. Dilakukan dengan cara memantul-mantulkan bola pada telapak tangan sambil berlari maupun diam.

Beberapa teknik menggiring bola basket:
– Teknik Dribble Rendah
– Teknik Dribble Tinggi

5. Teknik Pivot (Cara Berputar)
Pivot adalah sebuah teknik memutar badan yang bertumpu pada kaki sebagai poros. Biasanya, kaki yang lebih kuat akan dijadikan poros untuk mencegah adanya pergeseran. Jika poros bergeser, maka pivot gagal dilakukan dan terjadi pelanggaran.

Saat melakukan pivot, kalian harus menjaga bola dengan kuat agar tidak direbut lawan. Kalian dapat menggunakan badan kalian untuk menjaga bola tesebut.

6. Teknik Menembak (Shooting) Bola Basket
Sebelum menembak, pastikan kalian telah memasang kuda-kuda yang baik. Jika kalian menembak dengan tangan kanan, maka kaki kanan kalian harus berada di depan.

Tekuklah lutut kalian untuk menjaga keseimbangan, menekuk lutut akan memberikan kalian tenaga lebih saat ingin menembak. Ingat, kalian harus memegang bola dengan benar agar tembakannya akurat.

Ada macam-macam cara untuk melakukan shooting, yaitu:
– Free Throw
– Jump Shot
– Lay Up

7. Teknik Rebound Bola Basket
Teknik ini bertujuan untuk mengambil kembali bola basket yang gagal masuk ke dalam ring. Terdapat dua jenis rebound, yaitu defensive rebound dan offensive rebound.

Defensive rebound adalah teknik merebut kembali bola yang gagal dimasukkan oleh lawan. Sedangkan offensive rebound adalah mengambil kembali bola yang gagal dimasukkan teman ke ring lawan.

8. Teknik Bertahan (Defense)
Defense dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu personal defense dan team defense. Personal defense terdiri dari:
– Standard Defense
– Deny Defense
– Triangle Defense
– Zone Defense
– Man-to-Man
– Fix Defend

9. Teknik Screen
Screen digunakkan untuk membebaskan pemain lain agar dapat melakukan shooting atau passing yang lebih terbuka. Screen dapat digunakan untuk melawan teknik pertahanan man-to-man yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dalam melakukan screen, kalian harus bersentuhan dengan lawan, tetapi tidak sampai menahan atau mendorong. Untuk mencegah adanya dorongan, letakkan tangan di depan dada dengan membentuk huruf “X”.

Buka kedua kaki lebar-lebar, agar tidak terjadi pergerakkan karena saat melakukan screen kalian tidak boleh bergerak. Saat melakukan screen, pastikan sudut yang kalian ambil tepat. Jika tidak, lawan akan dengan mudah menghindari kalian.

10. Teknik Slam Dunk
Slam Dunk merupakan teknik yang cukup mudah dilakukan apabila kalian memiliki tubuh yang tinggi dan besar. Cara melakukan slam dunk yang paling populer adalah dengan cara melompat sejauh dan setinggi mungkin, kemudian langsung menembakkan bola ke dalam ring.

Saat melompat, tubuh kalian terlihat seolah-olah sedang berjalan di udara. Biasanya, saat selesai menembakkan bola, permukaan telapak tangan akan menyentuh ujung dari ring basket.

Reporter: Mega Suharti Rahayu

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here