Ini Aturan Tidur Siang Biar Manfaatnya Maksimal

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang tak suka tidur di siang hari? Pastinya semua orang menyukai aktivitas ini ya. Selain bisa mengistirahatkan badan, tidur siang juga punya manfaat lain untuk tubuhmu.

Namun, biar manfaatnya maksimal, ada aturan yang perlu kamu lakukan saat hendak tidur siang loh! Sebab, tidur siang di waktu yang salah atau terlalu lama malah bikin badan tidak enak dan manfaatnya tidak bisa didapatkan.

Dikutip dari Hello Sehat, tidur siang yang baik dan benar bisa memberikan berbagai manfaat untuk orang dewasa. Mulai dari mengurangi kelelahan, meningkatkan kewaspadaan, suasana hati, performa kerja, hingga relaksasi.

Tapi, jangan senang dulu. Tidur siang juga bisa berakibat buruk jika tidak dilakukan dengan benar atau terlalu lama. Dampak yang bisa kamu rasakan jika tidak melakukan aturan tidur siang ialah gangguan tidur malam (insomnia) hingga sleep insertia, yang mana kamu merasa uring-uringan dan linglung setelah bangun tidur siang.

Lantas, bagaimana aturan tidur siang yang baik?

Baiknya, kamu melakukan tidur siang saat tiba-tiba merasa ngantuk dan lelah ketika lagi melakukan aktivitas atau saat tidur malam kamu terganggu akibat kerja malam atau lembur.

Nah, waktu tidur siang yang tepat adalah tengah hari, atau sekitar jam 2-3 sore. Ini adalah waktu yang ideal karena kamu mungkin mengantuk setelah makan siang. Selain itu, tidur siang yang dilakukan pada jam ini cenderung tidak akan menganggu tidur di malam hari.

Gak cuma pemilihan waktu, tidur siang juga perlu diatur durasinya. Durasi atau lamanya tidur siang yang baik hanya dilakukan 10-30 menit. Sebab, semakin lama kamu tidur siang, semakin besar kemungkinan kamu merasa uring-uringan setelah bangun.

Jangan lupa, jika hendak tidur siang kamu juga perlu mempertimbangkan tempatnya. Biar manfaatnya maksimal, tidurlah di tempat yang tenang dan gelap. Usahakan juga jangan terlalu bising agar kualitas dan manfaat dari tidur siangmu bisa lebih maksimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini