Ini Alasan Kamu Sulit Mengingat Mimpi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu merasa saat tertidur kamu memimpikan sesuatu namun kamu sulit mengingatnya? Kadang, sekeras apapun dirimu berusaha mengingat mimpi yang dialami, kamu tetap saja enggak bisa memunculkannya kembali.

Tenang, gak cuma kamu kok. Beberapa orang juga pernah merasakan hal serupa. Lantas, apa ya penyebab kita sulit mengingat mimpi?

Mimpi terjadi di tahap Rapid Eye Movement (REM) dan ada banyak faktor yang memengaruhi kualitas tidur REM dan kemampuan kita untuk mengingat mimpi ketika bangun.

Salah satu teori yang bisa diterima secara umum mengenai fungsi bermimpi adalah bahwa mimpi memainkan peran penting dalam konsolidasi memori.

Menurut penelitian, otak yang tertidur mengaktifkan kembali atau ‘memutar ulang’ pembelajaran dan ingatan baru saat kita bermimpi, sebagai cara untuk mengatur ulang data baru dan mengintegrasikannya ke dalam memori jangka panjang kita.

Namun, ada pula beberapa faktor mengapa kebanyakan orang tak bisa mengingat mimpinya, seperti stress, pola makan, trauma hingga gangguan tidur.

Tapi, kamu gak perlu khawatir gaes. Tidak bisa mengingat mimpi bukan berarti ada masalah atau gangguan pada tubuhmu kok. Kebanyakan orang mengalami siklus REM beberapa kali setiap malam. Jadi, masalahnya adalah pada kesulitan mengingat mimpi tidak berkaitan dengan kesehatan.

Namun, jika kamu ingin mudah mengingat apa yang kamu impikan saat bangun tidur, kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti mempersiapkan tidur dengan baik, olahraga kecil sebelum tidur, atur pola makan dan jauhi gadget sebelum tidur.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Upaya BIN Tanamkan Nasionalisme Generasi Muda

Badan Intelijen Negara Republik Indonesia (BIN RI) terus berupaya untuk menanamkan semangat dan rasa nasionalisme kepada para generasi muda...
- Advertisement -

Baca berita yang ini