Ilustrasi galau (pixabay)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu merasa murung saat hujan sedang turun atau merasa galau dan teringat memori akan sesuatu? Gak usah bingung, kamu gak sendirian kok.

Fenomena tersebut kerap kali dirasakan masyarakat, terutama saat sedang hujan. Namun, ternyata hal tersebut memang berkaitan dengan cuaca di sekitar kita loh. Lantas, kenapa sih saat hujan kita bisa sering galau?

The Pennsylvania State University menyebutkan bahwa cuaca sangat memengaruhi perilaku dan cara berinteraksi dengan orang lain, tetapi pengaruhnya berbeda pada tiap orang dan tergantung pada kondisi masing-masing. Sebuah jurnal Science menuliskan cuaca buruk dapat membuat mood seseorang menjadi negatif.

Dikutip dari Hello Sehat, sebuah penelitian pun mengemukakan bahwa hujan membuat orang-orang merasa mudah marah, kurang bahagia hingga menulis hal-hal yang negatif di sosial media. Seorang psikolog klinis di San Fransisco, Tecsia Evans, Ph.D., mengatakan bahwa ada orang yang lebih rentan merasa sedih serta sendirian ketika cuaca mendung.

Selain itu, karena derasnya hujan yang turun, kamu jadi gak bisa ke mana-mana dan hanya berdiam di kamar. Nah, hal ini mmebuat kondisi tubuhmu jadi kurang cahaya. Padahal, sejumlah studi menemukan bahwa paparan cahaya bisa meningkatkan serotonin. Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan rasa bahagia.

Derasnya hujan juga membatasi kegiatan yang dapat kamu lakukan. Kamu pun tidak bisa menjalani rutinitas atau kegiatan yang menyenangkan seperti bertemu teman, berolahraga, dan sebagainya.  Inilah sebabnya kamu lebih mudah merasa sedih dan lelah.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here