Ini 5 Panduan bagi Ibu Hamil dan Menyusui agar Terbebas dari Virus

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Virus corona menyebar dengan cepat tanpa memilih siapa korbannya. Nah, ibu hamil dan menyusui sangat rentan sekali terinfeksi virus mematikan ini, hal itu disebabkab karena mereka memiliki imunitas yang rendah.

“Ibu hamil dan ibu menyusui rentan dengan berbagai penyakit akibat perubahan hormonal sehingga secara otomatis daya tahan tubuh mereka lebih rendah,” ujar Sekjen Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya (Pogi Jaya) yang juga dokter spesialis kandungan Ulul Albab dalam keterangan pers, beberapa waktu lalu.

Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia Jakarta Raya telah mengeluarkan rekomendasi dan panduan bagi ibu hamil dan menyusui saat wabah virus corona.

Ulul pun menyarankan ibu hamil dan menyusui yang mengalami gejala flu atau gejala sama seperti penderita corona untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan dan melakukan pemeriksaan.

Meskipun belum terdapat bukti ibu hamil dapat menularkan virus kepada bayi dalam kandungan, ibu hamil dengan dugaan atau dikonfirmasi virus corona disarankan untuk menemui dokter kandungan untuk mengatur rencana kelahiran yang harus dalam pengawasan penuh.

Penelitian juga menunjukkan, ASI tidak menularkan virus corona pada bayi sehingga ibu aman memberikan ASI secara tidak langsung pada bayi mereka.

Berikut rekomendasi dan panduan untuk ibu hamil dan menyusui agar tidak terpapar virus corona.

  1. Mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat beserta vitamin bagi ibu hamil.
  2. Hindari keluar rumah apabila tidak diperlukan. Apabila harus keluar rumah, kenakan pakaian tertutup rapat dan masker.

    Sekembalinya dari rumah, bersihkan badan segera dengan mandi, dan jangan dekati anak sebelum membersihkan badan.

  3. Hindari berada di keramaian. Upayakan menjaga jarak–paling tidak satu meter–satu sama lain apabila di tengah keramaian.
  4. Apabila pada ibu menyusui terdapat gejala flu, demam, sewaktu memberikan ASI, sebaiknya tidak diberikan secara langsung, melainkan dipompa terlebih dahulu dan diberikan melalui peralatan lainnya (sendok, dot botol, dan lain sebagainya).
  5. Segera periksakan diri ke dokter apabila Anda merasa kurang sehat dan memiliki gejala mirip flu. Konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai tindakan pencegahan lainnya yang perlu dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini