MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernahkah kamu mengalami hal-hal aneh saat tertidur? Mengalami kejadian aneh saat tidur yang diluar nalar, dan sulit untuk mengaitkannya dengan logika memang bikin kita kebingungan sendiri.

Bahkan, sangking rumitnya, sering kali fenomena aneh saat tidur dikaitkan ke hal-hal berbau mistis.

Hmm, kira-kira apa saja ya misteri yang sering terjadi saat tertidur?

1. Sleep Paralyzed

Sleep paralyzed atau biasa kita tahu “ketindihan” memang fenomena yang sering terjadi saat kita tertidur. Saat mengalaminya, kamu akan merasakan sekujur tubuhmu tak bisa bergerak seakan lumpuh. Anehnya matamu bisa terbuka dan melihat sekelilingmu dengan jelas. Konon, kondisi ini pertanda badan kita tengah di duduki oleh iblis.

Akan tetapi, memang ada penjelasan medisi mengenai fenomena “ketindihan” ini, dimana sebabkan karena kondisi kurang tidur, insomnia, posisi tidur, hingga stress.

2. Mengigau

Tidur bersama orang yang suka mengigau atau tidur sambil bicara memang suka bikin ngeri ya. Biasanya, mereka yang suka mengigau tidak sadar bahwa dirinya sedang tidur sambil bicara. Kondisi ini biasa terjadi saat seseorang merasa kelelahan atau tengah memikirkan sesuatu terlalu sering.

3. Mimpi dalam Mimpi

Nah, fenomena tidur satu ini mungkin sering dialami beberapa orang. Tapi, masih bingung apa penyebabnya?

Kondisi dimana sedang bermimpi, lalu terbangun tapi sebenarnya kamu belum bangun memang membingungkan. Faktanya, belum ada penjelasan medis yang jelas mengenai kondisi ini. Tapi kamu tak perlu khawatir karena hal ini normal, selagi kamu tidak terus menerus mengalaminya.

4. Sleepwalking 

Mirip dengan mengigau, kondisi tidur seperti ini patut kamu waspadai ya. Sama halnya tidur sambil bicara, orang yang mengalami sleepwalking tak sadar jika dirinya tidur sambil berjalan ke dapur, kamar mandi sampai keluar rumah.

Menurut medis, hal ini disebabkan karena stress berlebih, kelelahan hingga insomnia. Meski begitu, tak sedikit orang yang mengaitkan ini dengan hal mistis loh!

5. Jatuh dari Tempat Tidur

Nah, misteri saat tidur yang terakhir ialah jauh dari tempat tidur. Siapa disini yang pernah mengalaminya?

Fenomena ini mungkin pernah kamu alami dimana kamu bermimpi seolah kamu terbang, kemudian tersandung dan jatuh.

Saat kondisi ini terjadi, tak jarang kita jadi kaget bahkan tersentak dan bangun dari tidur. Penjelasan medisnya, saat kamu tertidur, otot tubuh mulai rileks namun otakmu tetap bekerja. Saat otak merespon mimpimu yang tak beres, maka otak akan reflek memberi gerakan ke tubuhmu yang tengah terlelap. Saat itulah, perasaan seperti jatuh dari tempat tidur terjadi.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here