Ruangan pun ditambahkan tanaman agar terlihat ada penghijauan (Dezzen)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Selain dapat membuat ruangan terlihat lebih segar dan indah, tanaman hias juga dapat mendatangkan keuntungan untuk kesehatan fisik maupun mental. Seperti yang dilansir dari berbagai sumber, memajang tanaman hias di dalam rumah dapat menghilangkan 87 persen racun udara dalam 24 jam.

Berikut beberapa keuntungan menanam tanaman hias yang bisa Kamu dapatkan :

1. Menghias Ruangan
Keuntungan pertama tentu menghias dan menyegarkan ruangan. Ada beberapa jenis tanaman yang cocok diletakkan di dalam ruangan seperti Monstera, Philodendron, Lili Paris, dan sebagainya.

2. Mengurangi Polusi dan Memurnikan Udara
Keuntungan kedua merawat tanaman hias di dalam ruangan adalah dapat menyerap gas yang mencemari udara di dalam ruangan terutama pada siang hari, sehingga udara yang dihirup lebih steril dan baik untuk kesehatan. Selain itu, tanaman hias di dalam ruangan juga dapat meningkatkan kelembaban udara sehingga mencegah masalah pernapasan.

3. Meningkatkan Suasana Hati
Secara tidak langsung, manusia merasa lebih bahagia dan optimistis ketika berada di lingkungan yang memiliki banyak tumbuhan. Oleh karena itu, melihara tanaman hias juga dapat mengingatkan pikiran tentang hubungan manusia dengan alam. Selain itu, membantu meningkatkan fokus serta membuat suasana hati menjadi tenang.

4. Mengurangi Stress dan Depresi
Dalam penelitian Journal of Health Psychology, kegiatan menanam tanaman ini diketahui efektif menurunkan hormon stres dalam tubuh yakni kortisol. Dampaknya bahkan lebih tinggi daripada membaca buku.

Studi lain yang diterbitkan dalam Journal of Physiological Anthropology menyimpulkan bahwa meletakkan di dalam rumah dapat mengurangi stres psikologis karena tubuh dan pikiran mengalami interaksi dengan tanaman.

5. Menambah Aktivitas Fisik
Untuk memelihara kestabilan mental, aktivitas fisik sangat diperlukan. Dengan menanam tanaman, tubuh akan terlibat lebih banyak aktivitas fisik dan dapat membuat tubuh menjadi bugar dan rileks. (Reporter: Nour Aidel Pitri)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here