Ini 4 Tips Aman Membeli Rumah Bebas dari Banjir

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Awal 2020, bencana banjir menjadi ‘kado’ di pergantian tahun ini. Hampir ratusan rumah terendam banjir dan ribuan warga mengungsi akibat bencan banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Air merendam perumahan warga, bahkan ada beberapa perumahan yang sudah menjadi langganan banjir ini hampir terendam seluruhnya hingga mencapai atap rumah.

Melihat hal tersebut, perlu dicermati, bagaimana kedepan untuk memilih perumahan agar bisa terbebas dari banjir khususnya di wilayah Jakarta. Nah, berikut empat hal yang perlu diperhatikan Anda saat hendak membeli rumah, agar aman dari banjir.

  1. Lihat Lokasi Rumah Melalui Peta Rawan Banjir

Saat membeli rumah baru, jangan langsung pergi ke lokasi rumah yang ingin dibeli. Sebaiknya Anda perlu memperhatikan peta rawan banjir terlebih dahulu agar mengetahui apakah rumah tersebut masuk ke dalam lokasi rawan banjir atau tidak.

Mendapatkan informasi tersebut juga tidak sulit, yang Anda perlukan hanya lah ponsel genggam untuk mengakses laman seperti geospasial.bnbp.go.id dan pu.go.id untuk mengetahui lokasi rawan banjir yang terjadi 5 tahun terakhi

  1. Kondisi Bangunan dan halaman

Anda perlu memperhatikan kondisi bangunan rumah yang akan anda beli. Pertama perhatikan alas tanah yang digunakan. Disarankan pilih yang menggunakan alas tanah paving block, karena memiliki daya serap air yang baik.

Halaman rumah juga harus memiliki lahan hijau, seperti taman. Fungsi taman selain sebagai keindahan semata, juga menjadi resapan air. Selain itu, ciri-ciri bangunan Rumah yang terkena banjir biasanya memiliki bekas noda di pagar, dinding atau lantai. Tanda-tanda ini memang bisa disamarkan dengan renovasi, namun Anda harus pintar-pintar menggali informasi kepada pemilik rumah lama.

  1. Keadaan Geografis

Tidak hanya kondisi bangunan, keadaan geografis di sekitar rumah juga perlu diperhatikan. Jika lokasi perumahan berada di dataran rendah, maka hindari daerah yang dikelilingi oleh perbukitan dan sistem aliran air yang sempit, karena berpotensi banjir.  Selain itu hindari juga lokasi rumah yang tidak jauh dari aliran air yang tidak lancar karena sampah. Ketika hujan deras maka air akan meluap.

  1. Akses Keluar dan Masuk Lingkungan Rumah

Hal ini juga perlu diperhatikan, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu banjir terjadi. Anda perlu memastikan akses keluar dan masuk ke lingkungan rumah anda mudah dan banyak alternatifnya. Jangan sampai, saat terjadinya banjir Anda terjebak dan sulit keluar rumah karena genangan air ada dimana-mana. (Anis Fairuz)

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini