Ingin Sulam Bibir Seperti Barbie Kumalasari? Ini 8 Bahaya yang Mungkin Terjadi

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Barbie Kumalasari tak henti-hentinya menjadi sorotan publik. Kali ini, ia baru saja menjalani sulam bibir yang membuat bibirnya tampak bengkak.

Barbie mengaku menyesal telah melakukan sulam bibir yang didapatinya secara gratis melalui endorse yang ditawarkan kepadanya.

“Awalnya nyesel bo, karena kan lagi banyak acara TV. Kayak tadi juga kan sebelumnya pas kemarin aku udah cancel, ‘kayaknya gue nggak jadi dulu deh, gue ngeliat muka gue aja serem’ aku bilang gitu kan,” ujarnya saat ditemui media pada Senin, 18 November 2019, di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P. Tendean, Jakarta Selatan.

Walaupun menggiurkan melihat hasil yang cantik dari sulam bibir, namun masih banyak wanita yang belum mengetahui dengan jelas risiko bahaya yang bisa diapat dari sulam bibir. Efek samping dari sulam bibir ini pun memiliki nilai bahaya yang cukup tinggi.

Agar bisa lebih waspada, berikut beberapa risiko bahaya atau efek samping dari sulam bibir:

1. Bibir jadi tidak sehat

Bibir yang nggak sehat ini ditunjukkan dengan kulit bibir yang pecah-pecah dan kering setiap saat.Permukaan kulit bibir yang kering ini diakibatkan oleh pengaruh jarum yang menusuk bibir selama proses sulam.

Hal ini patut diwaspadai mengingat tujuan dari sulam bibir sendiri adalah untuk mendapatkan bentuk bibir yang cantik, bukan bibir yang rusak.

2. Membuat lapisan epidermis bibir menjadi rusak

Lapisan epidermis merupakan lapisan terluar kulit. Bagi para pengguna jasa sulam bibir, kesehatan lapisan epidermis bibir bisa terancam.

Hal ini lagi-lagi disebabkan oleh jarum suntik. Lapisan epidermis akan terkelupas, dan membuat kesehatan kulit bibir semakin parah.

3. Menimbulkan alergi pada bibir

Bahaya lainnya adalah menimbulkan alergi, yaitu rasa gatal yang muncul di sekitar bibir dan permukaannya. Alergi ini terjadi akibat bagian-bagian bibir banyak yang rusak dan terkelupas kulitnya.

Pada umumnya, alergi juga dapat disebabkan oleh tinta untuk mewarnai bibir saat melakukan sulam. Oleh karenanya, penggunaan tinta yang aman dan terjamin wajib dimiliki oleh jasa sulam bibir.

4. Menimbulkan luka yang tidak bisa kering

Risiko ini harus diwaspadai. Hal ini terutama dapat menyerangmu yang mempunyai riwayat penyakit diabetes mellitus.

Makanya, kamu juga harus memeriksakan diri terlebih dahulu sebelum melakukan sulam bibir. Apakah ada riwayat penyakit yang berisiko atau tidak.

Jika sedang tidak beruntung, mungkin saja jarum sulam dapat menekan pembuluh darah dan menyebabkan luka tidak dapat kering.

5. Kulit bibir menjadi tipis

Selain membuat bibir pecah-pecah dan bengkak, sulam bibir juga bisa membuat kulit bibir jadi tipis. Kulit bibir yang menipis ini akan sangat berbahaya.

Biasanya akan membuat seseorang menjadi sulit mengonsumsi makanan ataupun sering terasa panas. Lakukanlah sulam bibir maksimal 2 kali, jangan sampai lebih dari itu.

6. Iritasi pada bibir

Adanya iritasi ini ditandai dengan banyaknya bercak merah di seluruh permukaan dan pinggir bibir. Efek samping ini sangat mungkin terjadi jika kamu melakukan sulam bibir di tempat yang nggak terjamin dan belum professional.

Iritasi ini bisa diakibatkan dari jenis tinta yang digunakan. Oleh sebab itu, komunikasikan terlebih dahlu pada penyedia jasa sulam bibir ssebelum kamu melakukannya.

7. Membuat bibir infeksi

Bahaya lainnya dari sulam bibir adalah terjadinya infeksi. Gejalanya dapat ditandai dengan nanah dan bentol-bentol di beberapa bagian bibir.

Penyebab infeksi ini pada umumnya dikarenakan penggunaan tinta yang berbahaya dan jarum suntik yang tidak steril. Oleh sebab itu, sangat disarankan memilih tempat sulam yang aman dan terjamin kebersihannya.

8. Bibir jadi sarana penyaluran penyakit

Sudah tahu belum, kalau kebanyakan penyakit berbahaya dapat ditularkan melalui jarum suntik? Tak heran sulam bibir dapat menyebabkan banyak risiko yang umumnya disebabkan oleh jarum suntik.

Jarum suntik dapat menyebabkan penyakit berbahaya. Beberapa di antaranya adalah hepatitis, sifilis, hingga HV/AIDS, loh! Duh, jangan sampai kecantikan yang kamu inginkan malah berubah menjadi penyakit ya. (Dinda)

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini