Ingin Mobil Umur Panjang, Pemilik Mobil Manual Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Kebanyakan pengguna mobil manual mungkin memiliki sejumlah kebiasaan yang tanpa disadari sebenarnya bisa merusak kendaraan kesayangan secara perlahan.

Berikut ini ada sejumlah kebiasan yang salah dan lazim dibuat oleh para pengguna mobil, melansir Cartoq. Apa saja itu? Yuk simak ulasan berikut!

1. Menyandarkan tangan di tuas perseneling

Mungkin ini dianggap sebagai hal biasa. Hal ini memang tidak berbahaya, namun di bawah tuas perseneling ternyata ada sistem mekanis yang jika diberikan tekanan secara konstan bisa rusak.

Ingin Mobil Umur Panjang, Pemilik Mobil Manual Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini

Ini dapat mengurangi masa pakai transmisi secara signifikan dan harganya sangat mahal jika sudah rusak.

2. Pindah gigi mundur saat mobil sedang melaju

Banyak pengemudi juga melakukan hal ini. Padahal kebiasaan ini bisa membuat transmisi mobil manual cepat rusak.

Inilah sebabnya mengapa suka terdengar suara kasar saat pindah gigi mundur padahal mobil masih maju. Harap diingat, perpindahan ke gigi mundur cuma layak dilakukan, setelah kendaraan benar-benar berhenti bergerak.

3. Pakai gigi tinggi saat RPM rendah

Anggapan menggunakan gigi lebih tinggi saat berkendara dengan RPM rendah bisa hemat BBM. Padahal itu anggapan yang keliru. Sebab menggunakan gigi tinggi berarti rasio gear akan lebih tinggi. Otomatis mesin harus bekerja lebih keras untuk menggerakkan mobil.

Maka mengemudi dengan kecepatan yang lebih lambat dan tetap mengaktifkan gigi tinggi tentu akan memberikan tekanan besar pada mesin sehingga perlahan akan merusak kendaraan.

4. Menggantungkan kaki di pedal kopling

Banyak pengendara yang menggantungkan kaki kiri di pedal kopling. Ini juga bisa memperpendek umur kopling. Perlu diingat, pedal kopling bisa sensitif, terutama pedal kopling ringan yang ada beberapa mobil bensin.

Ingin Mobil Umur Panjang, Pemilik Mobil Manual Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini

Sedikit saja menginjak pedal kopling saat mobil digas dan dilakukan terus-menerus membuat kopling cepat aus. Disarankan, jika mobil melaju dan tidak sedang mengganti gigi, kaki kiri tetap di lantai mobil.

5. Injak kopling setengah-setengah

Selain itu, kebanyakan pengemudi hanya menekan pedal kopling setengah untuk mengganti gigi. Padahal menekan kopling hanya setengahnya akan melepaskan pelat kopling dan menyebabkannya lebih cepat aus.

Ingin Mobil Umur Panjang, Pemilik Mobil Manual Sebaiknya Hindari 5 Kebiasaan Ini

Untuk itu, harap pastikan bahwa pedal kopling benar-benar ditekan full saat melakukan perpindahan gigi ya. Semoga berguna!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini