Ingin Lolos SBMPTN? Ini Strategi Jitunya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Ratusan ribu siswa lulusan SMA/SMK bakal mengikuti seleksi masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) yang diselenggarakan melalui proses Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Berdasarkan pengumuman dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada hari Minggu, 21 Juni 2020, jumlah peserta yang telah selesai melakukan proses pendaftaran (cetak kartu) sebanyak 702.927 orang yang terdiri dari 557.125 peserta regular dan 145.802 peserta KIP kuliah.

Dengan banyaknya pendaftar sudah dipastikan perebutan kursi masuk PTN sangat ketat. Karena tidak ada jaminan bahwa dengan berpartisipasi dalam UTBK saja bisa lolos.

Supaya dapat lolos SBMPTN maka dibutuhkan strategi jitu. Apa saja strategi-strategi yang harus disiapkan? Cek daftarnya:

  1. Rajin Berlatih Soal

Supaya dapat menaklukan soal-soal dalam UTBK maka dibutuhkan sebuah kebiasaan untuk mengerjakan tipe-tipe soal yang keluar saat UTBK. Jadi, saat hari-H UTBK tiba, kita tidak kaget melihat soal-soal yang keluar di layar monitor komputer di hadapan Anda. Soal-soal tersebut sangat mudah dicari secara online.

Soal yang dapat Anda pilih untuk latihan ini bisa dalam bentuk tipe soal tahun sebelumnya. Tipe soal UTBK sangat berkemungkinan sesuai dengan tipe soal tahun-tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, supaya Anda dapat terbiasa dengan soal UTBK, maka Anda mulai sekarang bisa meluangkan waktu untuk mengumpulkan tipe soal tahun sebelumnya dan rajin berlatih dengan soal tersebut.

  1. Atur Jadwal Belajarmu 

Supaya dapat lolos SBMPTN dibutuhkan strategi untuk dapat memanajemen waktu sebaik mungkin. Persiapan bekal untuk menghadapi UTBK ini dapat dilakukan jauh-jauh hari sebelum hari-H. Namun, apabila Anda merasa sudah terlambat dalam mempersiapkan UTBK ini, maka jangan putus asa segeralah bangkit dan manfaatkan waktu yang tersisa untuk mempersiapkan UTBK. Jika waktu yang tersisa sangat mepet, maka dibutuhkan manajemen waktu yang baik.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara memanajemen waktu yang tersisa dengan baik untuk mempersiapkan UTBK ini? Caranya adalah membuat jadwal belajar sebaik mungkin dan buatlah porsi sebanyak mungkin untuk belajar dibanding dengan kegiatan lainnya.

  1. Menaklukan Hati Tuhan  

Strategi untuk lolos SBMPTN selanjutnya adalah dengan menaklukan hati Tuhan, maksudnya adalah melakukan sesuatu atau sunnah-sunnah yang disenangi oleh Allah SWT.

Supaya harapan kita dapat terkabulkan, maka kita harus melakukan kegiatan yang disenangi oleh Allah SWT sampai Allah kagum melihat kita begitu berikhtiar sekali dan Allah merasa kasihan jika doa hamba-Nya tidak dikabulkan.

Kita harus rajin sholat lima waktu secara tepat waktu dan dilakukan secara berjamaah, begitu mendengar adzan kita harus langsung mengambil air wudhu dan jika sholat fardhu tersebut dianjurkan untuk sholat sunnah qobliyah dulu.

Anda juga harus bangun di tengah malam untuk sholat tahajud dan berdoa supaya dilancarkan serta dimudahkan dalam mengerjakan soal UTBK, karena doa yang dipanjatkan pada waktu 1/3 malam insya Allah tidak akan melesat pada sasarannya.

  1. Mohon Doa Restu Orang Tua 

Saya yakin di antara kita selalu mendengar kalimat ini di setiap kita akan melakukan kegiatan yang sangat sakral. Ujian masuk ini juga merupakan kegiatan yang sakral, karena akan mempengaruhi kehidupan kita di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, kita harus memohon doa restu kedua orang tua maupun orang di sekitar kita. Hal tersebut terbukti sangat manjur, karena ridho Allah terutama terletak pada ridho Ibu. Maka, selalu minta doa restu kepada orang tua dan orang di sekitar Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Seluruh Pihak Harus Terima Hasil Putusan Sidang MK

Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan hasil sidang putusan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di ruang sidang lantai...
- Advertisement -

Baca berita yang ini