Ingin Lepas Kecanduan Merokok? Makanan Ini Bisa Jadi Solusinya

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Kebiasaan merokok memang sudah menjadi candu yang susah sekali ditinggalkan. Bahkan jika ingin memulai berhenti tidak bisa dilakukan secara kilat dan semudah membalikan telapak tangan.

Namun, bagi Anda yang ingin sekali berhenti jangan putus asa, makanan dan minuman di bawah ini dapat membantu mengurangi efek candu dari rokok. Apa saja?

1. Susu

Dalam sebuah penelitian, 209 perokok diminta untuk mencicipi berbagai makanan serta menilai makanan apa yang membuat lidahnya merasa enak dan tidak enak. Ternyata yang paling banyak dipilih adalah susu ataupun produk susu. Diketahui bahwa susu dapat menghilangkan rasa pahit di lidah karena rokok.

2. Sayur dan buah

Penelitian tahun 2013 dalam jurnal Nicotine and Tobacco Research mengatakan bahwa mantan perokok yang suka mengonsumsi sayur dan buah akan lebih mudah bebas dari jerat rokok. Selain menyehatkan tubuh, sayur dan buah diketahui mampu membantu mengendalikan sensitivitas pada lidah.

3. Popcorn

Makanan ini tidak hanya bisa dijadikan partner menonton saja, tetapi juga membantu menghilangkan kecanduan merokok. Seribu gram atau setara lima cangkir popcorn hanya mengandung 150 kalori sehingga kita tidak perlu takut cepat gemuk jika mengonsumsinya. Agar lebih sehat, masak popcorn dengan minyak zaitun atau keju sebagai pengganti gula dan garam.

4. Kacang

Mantan perokok biasanya akan melampiaskan rasa kecanduannya dengan mengonsumsi makanan sehingga berat badan bisa naik secara drastis. Supaya lebih sehat dan berat badan stabil, Anda bisa memilih kacang sebagai camilan anda karena makanan ini tinggi serat. Bahkan, dapat menurunkan berat badan. Selain kacang, makanan tinggi serat lainnya adalah brokoli, berbagai jenis buah beri, dan oatmeal.

Berita Terbaru

Antisipasi Daging Sapi Terjangkit Antraks, Pemkot Jogja Sidak Pedagang Pasar

Mata Indonesia, Gunung Kidul - Kasus antraks yang terjadi di Gunungkidul dan Sleman diantisipasi lebih cepat oleh Pemkot Jogja. Meski Kementan sudah menggerakkan jajarannya termasuk Pemkab Gunungkidul untuk memvaksinasi hewan ternak warga, antisipasi oleh pemerintah wilayah lain juga harus dilakukan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini