Ingin Aman Selfie Saat Gerhana Matahari, Ikuti 4 Tips Berikut

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Pada era modern ini, momen langka atau fenomena yang tidak biasa selalu dijadikan obyek khusus bagi sebagian masyarakat di Indonesia dan merekam jejaknya lewat sebuah jepretan atau selfie.

Tak terkecuali dengan fenomena gerhana matahari cicin yang terjadi saat ini. Hampir semua masyarakata Indonesia maupun dunia berdatangan ke lokasi untuk sekedar melihat langsung dan mengabadikan fenomena tersebut melalui sebuah foto.

Namun tahukah anda kalau mengamati gerhana matahari ada beberapa hal yang harus anda perhatikan? Berikut tips aman berswafoto di suasana gerhana matahari

  1. Gunakan sunblock atau sunscreen

Jika selama ini anda cuek dengan perlindungan kulit anda, maka kali ini anda harus singkirkan dulu kebiasaan itu. Penting untuk melindungi kulit anda dari sinar uv berlebih,untuk itu gunakan sunscreen atau sunblock yang memiliki spf 50+ agar perlindungannya lebih tinggi.

  1. Lensa kamera khusus

Bagi anda yang akan memotret menggunakan kamera jangan memakai lensa biasa.kamu dapat menggunakan filter 18 Stop Neutral Density yang lebih mahal atau dapat membeli Solar Filter Film online dan memasang di depan lensa kamera.

  1. Kacamata UV

Kacamata pelindung gerhana matahari total akan melindungi Anda dari sinar ultraviolet dan sinar infrared yang berbahaya. Dengan mengenakan kacamata pelindung, setidaknya Anda bisa melihat sinar gerhana secara aman dan dapat mengambil foto dari gerhana tersebut. Usahakan jangan kacamata gelap biasa, cari kacamata yang sudah mendapat sertivikasi ‘ CE approved’.

  1. Sebaiknya membelakangi gerhana

Jika ingin berswafoto alangkah lebih baiknya jika posisi anda membelakangi gerhana matahari, agar tidak langsung terkena sinar gerhana. Walaupun wajah anda tidak akan terlihat dikamera (back light) namun anda akan menghasilkan foto bayangan yang tidak kalah bagus dari selfie biasa. (Anisa Fairuz)

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini