Idul Adha Lebih Bagus Makan Daging Sapi atau Kambing?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari Raya Idul Adha dirayakan pada 10 Dzulhijjah atau tepatnya 20 Juli 2021. Identik dengan pesta daging, mana lebik baik, sapi atau kambing?

Usai salat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban, biasanya dilanjutkan dengan menyantap hidangan daging sapi atau kambing. Kedua daging ini bisa diolah untuk berbagai jenis makanan. Contohnya seperti rendah, sate, semur, gulai kambing, hingga sup daging.

Daging kambing sering kali menjadi ‘kambing hitam’ dari meningkatkan kolesterol tubuh. Tidak sedikit orang yang beranggapan kalau daging ini banyak mengandung kolesterol. Bagaimana faktanya? Ternyata kandungan kolesterol dalam daging kambing lebih rendah ketimbang ayam, sapi, dan domba.

Dikutip dari Halodoc, Senin 19 Juli 2021, dalam sajian 85 gram daging kambing mengandung 63,8 miligram kolesterol. Sementara itu dengan sajian yang sama, kandungan kolesterol di dalam daging sapi sebesar 73,1 miligram. Lalu, bagaimana dengan kandungan nutrisi lainnya seperti zat besi, kalsium, atau protein?

Dalam 100 gram kambing mengandung 9,2 gram lemak, 1 miligram zat besi, 11 miligram kalsium, dan 16,6 gram protein. Sedangkan daging sapi mengandung 14 gram lemak, 2,8 mg zat besi, 11 miligram kalsium, dan 18,8 gram protein.

Hal yang perlu ditegaskan, meski kandungan kalori, lemak, dan kolesterol dari daging kambing lebih rendah ketimbang daging sapi, bukan berarti kita boleh mengonsumsi daging kambing secara berlebihan.

Menurut beberapa penelitian, konsumsi daging merah seperti daging sapi atau kambing secara berlebihan bisa memicu berbagai masalah pada tubuh. Contohnya seperti kolesterol tinggi hingga penyakit jantung

Kamu tetap bisa mengonsumsi daging sapi atau kambing dengan aman. Caranya dengan mengolah daging tersebut dengan tepat, dan mengonsumsi dengan porsi yang sesuai. Berikut tipsnya:

1. Pilih bagian daging yang tidak mengandung banyak lemak, seperti bagian punggung, daging khas dalam, atau daging kaki.
2. Usahakan hindari penggunaan garam dan minyak secara berlebihan ketika mengolah daging sapi atau kambing.
3. Batasi porsinya, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi daging melebihi 100 gram.
4. Kombinasikan daging dengan berbagai macam sayuran. Sayuran terbukti mampu menyerap kolesterol di dalam tubuh secara efektif.
5. Sebaiknya jangan memilih produk daging olahan. Misalnya, bakso, sosis, dll. sebab mengandung banyak lemak.

Baik daging kambing dan daging sapi mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Namun, daging sapi mengandung lebih banyak kolesterol dan lemak dibandingkan dengan daging kambing. Terpenting, tidak mengonsumsi berlebihan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Masyarakat Dukung Upaya Tegas Penanganan OPM di Papua

Penyerangan oleh Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap aparat keamanan TNI/Polri, bahkan masyarakat sipil masih terus terjadi hingga saat ini....
- Advertisement -

Baca berita yang ini