Jisoo Blackpink dengan masker warna hitam (Shompii)
Jisoo Blackpink dengan masker warna hitam (Shompii)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Korea identik dengan K-Pop, drama, film dan fashion. Urusan fashion, Korea Selatan sekarang menjadi kiblat fashion dunia setelah Paris, New York dan Tokyo.

Penggunaan masker yang sekarang menjadi fashion yang wajib digunakan tak luput juga menjadi tren di Korea. Apalagi para Idol K-Pop. Meski sebenarnya masker di Korea bukan barang baru.

Warga Korea mengadopsi penggunaan masker dari budaya Jepang, sebagai reaksi terhadap pandemik Flu Spanyol yang sempat melanda negara tersebut pada tahun 1918.

Saat itu, selendang dan kain penutup kepala juga diadopsi sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus. Setelah kasus Flu Spanyol usai, penggunaan masker masih terus dilakukan untuk mencegah wabah penyakit lainnya. Seperti saat bencana gempa bumi yang melanda wilayah Kanto pada tahun 1923. Udara dipenuhi dengan abu dan asap selama berminggu-minggu, mau tidak mau semua penduduk harus menggunakan masker wajah untuk meminimalisir risiko infeksi pernafasan.

Saat musim dingin dan musim semi masyarakat Korea Selatan juga memakai masker untuk sehari-hari. Fenomena fine dust atau debu halus adalah hal yang selalu terjadi di setiap tahunnya. Debu halus yang dibawa dari daerah Mongolia, Tiongkok utara, dan Kazakhstan menyebabkan badai debu dan terbawa angin ke wilayah Korea Selatan.

Masker wajah akhirnya menjadi cara terbaik untuk menghindari kuman, alergi, dan polusi. Benda ini juga kerap dipakai di bandara untuk alasan yang sama.

Terutama bagi para selebriti yang harus tetap fit saat bepergian ke negara-negara baru dengan kondisi lingkungan yang tidak memadai. Untuk para bintang K-Pop, masker sangat bermanfaat untuk menutupi wajah mereka saat tidak sedang memakai riasan. Selain itu, benda ini juga ampuh untuk membantu penyamaran mereka.

Salah satu Member girlgroup Red Velvet, Seulgi, membagikan rahasia di balik masker wajahnya. Dia membuat sebuah vlog yang menceritakan bagaimana dan apa yang dilakukan dalam setiap penerbangan yang dijalaninya. Seulgi mengaku, dengan jadwal pekerjaannya yang padat, dia kerap terbang ke banyak tempat. Maka saat di pesawat, dia memilih untuk tak melakukan apa pun, selain beristirahat.

Dalam video berdurasi lebih dari sembilan menit itu, Seulgi mengaku, ke mana pun dia pergi, maka yang dia lakukan hanya makan, tidur, dan nonton film.

Tren masker di kalangan K-Pop Idol memang bukanlah hal yang baru. ”Para idola K-Pop mulai memakai masker untuk menutupi wajah mereka. Misalnya, mereka mengalami masalah kulit setelah penerbangan jarak jauh, tetapi cukup merepotkan untuk memakai riasan lengkap. Dan jika mereka berkencan dengan seseorang di depan umum. Masker itu penting untuk menutupi identitas Idola Kpop,” ujar Jung Eunji, member boysband, Apink

Karena fesyen, masker menjadi salah satu pilihan Idola Kpop. Masker dengan beragam macam yang unik pun seringkali dipakai oleh bintang K-Pop pada saat waktu tertentu. Misalnya pemakaian masker warna hitam oleh para bintang K-Pop beberapa waktu lalu, namun intensitasnya meningkat di enam bulan terakhir ini. Bahkan gaya swafoto dengan menggunakan masker ini seolah jadi tren tersendiri, tak ubahnya tren berfoto menggunakan snapback atau aksesori lainnya.

Reporter: Tiara Sopyani

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here