Hipertensi? Wajib Konsumsi Tujuh Makanan Ini

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA-Hipertensi atau tekanan darah tinggi jika tidak bisa dikendalikan dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari. Salah satunya menjadi pintu gerbang masuknya penyakit tidak menular seperti stroke, penyakit jantung koroner, diabetes, gagal ginjal.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar 2018, jumlah orang yang mengalami hipertensi menunjukkan peningkatan dari 25,8 persen menjadi 34,1 persen. 

Berbicara hipertensi, memang ada faktor risiko yang tidak bisa dikendalikan seperti usia, riwayat keluarga, jenis kelamin dan ras. Namun ada juga faktor yang bisa Anda kendalikan seperti jumlah aktivitas fisik dan diet. Berikut makanan yang bisa membantu program anda untuk menurunkan hipertensi: 

1. Sayuran Hijau

Kalium dapat membantu ginjal untuk menyingkirkan banyaknya sodium melalui urine Anda. Salah satu sayuran hijau yang mengandung tinggi kalium adalah bayam.

2. Bit

Bit yang mengandung nitritoksida dapat membantu untuk membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Para peneliti telah menemukan bahwa nitrit yang terkandung dalam jus bit dapat menurunkan terkanan darah hanya dalam 24 jam.

3. Susu tanpa lemak dan yoghurt

Susu tanpa lemak merupakan sumber kalsium yang sangat baik dalam diet untuk menurunkan tekanan darah. Kalau Anda tidak menyukai susu, Anda dapat mengonsumsi yoghurt.

Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi lima atau lebih porsi yoghurt dalam seminggu mengalami pengurangan 20 persen risiko terkena tekanan darah tinggi.

4. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan tepat untuk memenuhi serat tinggi, rendah lemak, dan rendah sodium untuk menurunkan tekanan darah Anda. Sarapan dengan oatmeal merupakan cara yang baik untuk memulai hari.

5. Ikan

Salmon, makerel dan ikan dikenal mengandung asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan dan menurunkan trigislerida.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau juga yang disebut dengan olive oil merupakan lemak sehat yang mengandung polifenol yang dapat membantu mengurangi tekanan darah.

7. Buah delima

Delima atau pomegranate ini buah sehat yang dapat Anda nikmati langsung sebagai buah atau sebagai jus. Satu studi menyimpulkan bahwa minum secangkir jus delima sehari sekali selama empat minggu membantu menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek.

Berita Terbaru

Produksi Sampah Capai 65 Ton selama Lebaran, WALHI Jogja Ingatkan Penanganan Jangan hanya Menumpuk

Mata Indonesia, Yogyakarta - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mencatat peningkatan sebanyak 65 ton sampah di Kota Yogyakarta, Sleman, dan Bantul selama periode 8-15 April 2024 atau masa lebaran. Persoalan sampah di DIY ini juga diingatkan oleh WALHI agar Pemda mencari penanganan lanjutan ke depan.
- Advertisement -

Baca berita yang ini