Hidup Sehat! Hindari 5 Kebiasaan Berikut Setelah Makan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa yang merasakan kantuk setelah makan? Sebagian besar orang memang memiliki perubahan situasi setelah mengkonsumsi makanan yang berat, salah satunya memunculkan rasa kantuk.

Tak sedikit orang yang memilih tidur setelah makan karena tak kuat menahan kantuk. Padahal, kenyataan sebenarnya tidur setelah makan dapat memberikan efek negatif untuk kesehatan tubuh.

Setiap makanan yang masuk akan berubah menjadi energi yang sangat dibutuhkan tubuh. Untuk proses mencerna makanan juga sangat kompleks dan membutuhkan banyak waktu dan energi. Agar tubuh tetap sehat, hindari 5 kebiasaan berikut setelah mengkonsumsi makanan sehat

1. Mandi

Mandi setelah makan sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Hal ini karena pada saat mandi temperatur tubuh akan meningkat tajam, sehingga tubuh mengirim lebih banyak darah ke daerah kulit daripada biasanya. Akibatnya, proses pencernaan akan terganggu dan metabolism akan melambat. Jika tetap mau mandi, minimal 30 menit setelah makan.

2. Merokok

Banyak yang mempraktikkan merokok setelah makan sebagai kebiasaan yang harus dilakukan. Padahal, yang perlu diketahui ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Pada titik ini, nikotin akan terserap dua kali lebih cepat yang akan memberikan efek merusak yang meningkat tajam. Apalagi tembakau dapat memblokir penyerapan vitamin C dan D yang tentunya makanan tersehatpun akan menjadi negative.

3. Tidur

Orang-orang biasanya hanya menganggap tidur setelah makan berdampak pada naiknya berat badan. Padahal bukan hanya itu, tidur dengan perut penuh dapat menyebabkan ketidaknyamanan seperti perut mules, sendawa, dan menaikkan asam lambung. Bahkan yang lebih parah lagi jika keseringan adalah dapat meningkatkan resiko terserang stroke.

4. Minum Teh

Kebanyakan orang, setelah makan makanan berat memilih untuk meminum teh, apalagi es teh manis. Tapi, penelitian membuktikan bahwa kebiasaan ini sangat buruk karena dapat mengganggu asimilasi besi, yang merupakan mineral yang berperan penting bagi tubuh. Agar sehat, hindarilah minum air teh untuk tetap menjaga kestabilan zat besi di dalam tubuh.

5. Olahraga Berat

Para ahli tidak menyarankan untuk melakukan olahraga berat setelah makan. Beban pada perut dapat menyebabkan cegukan dan rasa mual. Bahkan ada konsekuensi serius yang berisiko mengalami trauma dan kejang-kejang. (Maropindra Bagas)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Kota Jogja Mulai Disorot, Heroe Poerwadi Akhirnya Diusung PAN, Budi Waljiman Dikawal Gerindra

Mata Indonesia, Yogyakarta - Persiapan untuk Pilkada pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Jogja mulai memanas. Beberapa figur telah muncul sebagai calon potensial dari berbagai partai politik, di antaranya adalah Heroe Poerwadi dan Budi Waljiman.
- Advertisement -

Baca berita yang ini