Ilustrasi

MATA INDONESIA, JAKARTA – Agar bisa tertidur biasanya orang akan mencari tempat paling nyaman dan sejuk untuk merebahkan badannya. Tak semua tempat bisa dijadikan sebagai alasan untuk Anda bisa terlelap.

Misalnya dalam kondisi yang terlalu panas ataupun terlalu dingin, cenderung tubuh tidak akan bisa tertidur meskipun sudah berusaha untuk segera terlelap.

Berikut 5 tips agar Anda bisa tertidup tanpa perlu menggunakan AC:

1. Tidur dengan Kain Berbahan Katun

Bahan katun memang menjadi pilihan karena memberikan sirkulasi udara yang baik dan juga menyerap keringat saat digunakan. Hal ini sangat baik digunakan untuk membantu tidur tetap dingin meski tidak dalam ruangan ber-AC. Pilihlah sprei, gorden dan yang penting pakaian tidur dengan bahan katun yang tidak terlalu tebal.

2. Membiarkan Angin Malam Masuk

Selama musim kemarau, suhu udara biasanya akan turun pada malam hari. Hal ini bisa dimanfaatkan dengan membuka jendela sesaat sebelum tertidur. Dengan begitu, kamar yang panas bisa didinginkan tanpa perlu pendingin ruangan. Cara ini setidaknya bisa dilakukan sebelum benar-benar ingin beranjak tidur.

3. Matikan Lampu dan Benda Elektronik Lainnya

Lampu atau barang elektronik dapat mengeluarkan panas sehingga bisa menambah ruangan terasa lebih hangat. Dengan ini, sebaiknya tidur saat semua benda elektronik dan lampu sudah mati dan dicabut dari colokannya agar membantu mengurangi timbulnya rasa panas di dalam kamar.

4. Mandi Air Hangat

Mungkin terdengar aneh di saat panas malah mandi air panas. Sebenarnya mandi air hangat saat cuaca panas sangat baik untuk menurunkan tekanan darah, sehingga tubuh terasa lebih adem setelah mandi air hangat.

5. Minum Air Putih

Untuk menghindari dehidrasi selama tidur, biasakan terlebih dahulu minum sebelum beranjak ke tempat tidur. Minum juga membuat tidur menjadi lebih nyaman karena air dalam tubuh tercukupi. (Maropindra Bagas/Ryv)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here